Minggu, 25 Oktober 2009

Pasar Kerja Baru? Efektifkah? Atau?

Pemerintah perlu mengkaji ulang tentang pendirian lapangan kerja. Pasalnya, pendirian suatu lapangan kerja dapat berdampak positif maupun negatif. Sebagai dampak positif di antaranya berkurangnya tingkat pengangguran, meningkatnya pendapatan per kapita, meningkatkan suatu daerah menjadi lebih maju, dll.
Tetapi di sini kita tidak akan membahas dari sisi positifnya tetapi dari sisi negatif. Coba saja bayangkan untuk contoh saja. Di dirikan SPBE baru di setiap daerah, tentu akan membutuhkan banyak tenaga kerja dan secara otomatis daerah tersebut juga akan terangkat. Tetapi dari pihak lain, SPPBE yang lebih dahulu akan kehilangan konsumennya dikarenakan ada SPBE baru. Sehingga mau tidak mau, ada perampingan karyawan di SPPBE yang lama.
Bukan bermaksud mengkritik pemerintah atau siapapun. Memang hukum alam bahwa akan selalu terjadi regenerasi atau seleksi alam. Ini berarti pendirian lapangan kerja belum tentu berdampak baik bagi ekonomi karena akan ada pihak yang dikalahkan.
Ada baiknya bagi kita semua untuk memikirkan apa yang sebaiknya dilakukan tanpa mengalahkan siapapun dalam hal ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya