Senin, 03 Mei 2010

Untuk 2 Mei, Indonesiaku

Kalau saja aku tidak lewat alun-alun hari ini, mungkin aku juga bakalan lupa dengan hari ini. 2 Mei sebagai hari Pendidikan Nasional.

Hari yang telah membesarkan kita hingga mampu berdiri sendiri di atas kaki kita.

Mungkin beberapa di antara kita dengan bangga akan pangkat, harta dan kedudukan kita sekarang. Tapi bagaimanapun kita mampu menjadi seperti ini karena pendidikan yang pernah kita ayomi dengan didikan dari guru-guru serta para dosen yang dengan sabar menuntun kita step by step.

Juga kepada beliau Ki Hajar Dewantara dengan semboyannya, "Ing ngarso sung tuladha, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani". (kayak pidato aja!)
Memang Beliau lahir pada 2 Mei 1899 sehingga pada tanggal 2 Mei lah kita memperingati hari Pendidikan Nasional.

Hem.. bagaimana dengan mutu pendidikan di tanah air kita?

Pendidikan diharapkan nantinya mampu menjadi bekal kita agar mampu bersaing di dunia kerja, menghasilkan sesuatu, agar kita semua yang dalam usia produktif mampu bertahan untuk diri kita sendiri. Syukur seandainya kita mampu berbuat sesuatu untuk negara kita.

Setahuku,

Jumlah Tenaga Kerja = Penduduk usia 15 + Penduduk usia 16 + Penduduk usia 17 + …dst

% Tenaga Kerja = Jumlah Penduduk usia 15 tahun atau lebih x100
Jumlah penduduk

Setiap tahunnya, kira-kira sudah berapa juta siswa dan mahasiswa diluluskan tapi berapa persen yang bisa terserap di dunia kerja.

Indonesia yang kini menduduki peringkat ke-4 di dunia sebagai negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, harusnya juga seimbang antara tingkat kelahiran (yang nantinya juga akan membutuhkan pendidikan) dan tingkat kemakmurannya.

Semoga dengan kenaikan tingkat standar kelulusan yang semakin ditakuti oleh para pelajar kita, juga akan meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di negara kita. Semakin berjaya Indonesiaku, Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya