Kamis, 26 Agustus 2010

Tak Terlupakan; Sixth Sense

Sixth Sense (1999)

Written and Directed by M. Night Shyamalan
Produced by Frank Marshall, Kathleen Kennedy, Barry Mendel
Cast: Bruce Willis, Haley Joel Osment, Toni Collette, Olivia Williams, Donnie Wahlberg, Trevor Morgan, Mischa Barton


Satu film dari Bruce Willis yang masih terkenang, Sixth Sense yang bercerita tentang seorang psikiater bernama Dr. Malcolm Crowe yang diperankan oleh Bruce Willis berusaha untuk menyembuhkan seorang anak bernama Cole Sear yang pendiam, pemalu dan sering dianggap "freak" oleh teman-temannya bahkan oleh Ibunya sendiri. Cole berkembang seperti itu karena Cole memiliki kemampuan indera keenam yang hanya diceritakan kepada Dr. Crowe, yang dalam rintihannya "I see dead people".


Terjadi keterkaitan antara Dr. Crowe dan Cole sehingga mereka saling membantu. Cole menginginkan Dr. Crowe membantunya untuk tidak dapat melihat makhluk-makhluk itu lagi sementara Dr. Crowe menginginkan agar Cole berusaha mendengarkan apa yang diinginkan dari makhluk gaib tersebut dan dengan bantuan Dr. Crowe maka Cole bersedia membantu keinginan orang mati yang mendatanginya.

Cole menjadi lebih pemberani dan akhirnya diterima oleh teman-temannya. Sebagai kewajiban terakhir, Cole memberitahukan Dr. Crowe mengatasi masalah keluarganya dan juga secara halus berusaha menyadarkan Dr. Crowe bahwa Dr. Crowe sebetulnya juga adalah dead people. Dr. Crowe teringat kembali saat ia ditembak oleh Vincent Grey, salah satu pasiennya yang dulu saat Vincent masih berusia sama dengan Cole tapi tak berhasil disembuhkan dan memiliki gejala ketakutan hampir menyerupai Cole.

Garapan apik M Night Shyamalan  begitu jelas dalam skenario yang ditulisnya sendiri ditambah sinematografi yang terlihat begitu hidup, musiknya yang nyaris sempurna memperkuat kesan horor dalam cerita ditambah peran trio tokoh utama yang cerdas.

Sebagai horor, Sixth Sense memenuhi khittah-nya. Namun ia pun tak melupakan kodratnya untuk menyajikan tontonan yang baik dan juga logis. Shyamalan menuntun kita, memenuhi rasa ingin tahu kita akan kemunculan hantu – hantu itu ternyata memiliki tujuan tertentu dan dalam kasus ini, meminta pertolongan mereka yang masih hidup. Unsur drama juga begitu kental dalam cerita itu, saat Cole akhirnya mampu menceritakan semua masalahnya kepada Ibunya sendiri, sungguh mengharukan . Dan di akhir cerita pun berakhir dengan.. so awesome! mungkin tak akan disangka – sangka oleh sebagian besar penonton.
Kudus, 26 Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya