Jumat, 07 November 2014

Persiapan Barang buat Persalinan

Menjelang HPL (Hari Perkiraan Lahir) nih, mulai deg-degan bagaimana rasanya lahiran, but I dont care! coz my junior has been yean first. Actually, thats make me envy, wwwuuhhh. Okey, back to topic. Kami juga sudah mulai nyiapin barang-barang yang mau dibawa ke Rumah Sakit Bersalin nanti, hmm.. kira-kira apa ya yang perlu dibawa?


Ini barang bawaanku, how about yours?

1. Beberapa set baju baby
2. Handuk baby
3. Clodi / Diaper / Popok kain
4. Topi baby
5. Sepatu kain bayi
6. Sarung tangan bayi
7. Selimut untuk digunakan ketika membawa bayi pulang
8. Sabun dan shampo bayi
9. Baby oil / minyak telon

Untuk poin 1 - 9 buat kami berdasar pengalaman kakak-kakak yang sudah melahirkan di RSB tempat kami, sampai bayi dibawa pulang akan dipakaikan pakaian dari RS dulu. Jadi kami membawa hanya untuk perjalanan pulang saja.

10. Pompa ASI dan botolnya.
Buat berjaga-jaga saja sih, karena dari buku Catatan Ayah ASI perlu membawa barang ini, apalagi jika RS nya pro ASI seperti yang kami tuju ini.

11. Beberapa set baju untuk ibu (kalau bisa sih daster bukaan depan saja biar gampang menyusuinya)
Lagi-lagi dari pengalaman kakak-kakak terdahulu, di RSB tempat kami melahirkan nanti Insya Allah, jika kehamilan pertama biasanya ibu akan diperbolehkan pulang jika sudah 3 hari untuk melihat kondisi Ibu dan bayi. Berbeda jika kelahiran kedua, biasanya sehari sudah boleh pulang. Jadi kami membawa 6 setel baju.

12. Pakaian dalam dan BH menyusui
13. Pembalut berukuran maxi
Ada RS yang menyediakan pembalut kain untuk ibu, tapi rasanya lebih aman jika kita membawa sendiri bukan, paling tidak persiapan membawa 20 pcs. Bagaimanapun, kan pasti minimal 4 jam sekali kita pasti ganti pembalut bukan?
 

14. Handuk untuk ibu, bila tidak disediakan RS
15. Sabun, sikat gigi, pasta gigi dan shampo untuk ibu
16. Kamera dan handycam
17. Dokumen yang diperlukan
Persiapan KTP, KK, Kartu Asuransi (BPJS dll) atau dokumen lain yang diperlukan.
 

18. Sandal
19. Buku catatan dan pulpen
20. Peralatan ibadah.
Walaupun ibu pasti nifas jadi tidak sholat (bagi yang muslim) kan pasti ayah, nenek dan kakek kan pasti butuh beribadah juga kan? Hehehe

Doakan lancar ya persalinan nanti

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya