Selasa, 10 Februari 2015

Tips ASIP kalau Listrik Mati

Tulisan di bawah ini merupakan hasil copy paste tulisan MinLi di forum AIMI facebook. Makasih ya minLi buat tipsnya. Berguna buat aku nih, yang notabene kemarin gak bawa ice gel gara-gara gak berani ambil di kulkas yang dari semalam mati lampu >_<

Musim hujan, musim banjir, biasanya juga musim mati listrik. Berikut tips tips untuk para ibu yang punya stok ASIP di freezer:
  1. Jangan menunggu mati listrik, SELALU sedia es batu dalam kantong2 plastik di dalam freezer. Es batu ini akan membantu menjaga suhu freezer jika sewaktu waktu mati listrik. Sedia icegel beku juga disarankan.
  2. Letakkan botol botol ASIP saling berdekatan satu sama lain karena saat mati listrik, botol2 ASIP beku ini dapat saling memberikan efek dingin satu sama lain
  3. Pastikan pintu kulkas dan freezer tidak dibuka tutup saat mati listrik. Jangan buka tutup kulkas atau freezer untuk cek kondisi ASIP Anda.
  4. Persiapkan rencana cadangan jika daerah Anda rawan banjir atau rawan mati listri. Hubungi saudara/tetangga/teman yang kulkas atau freezernya bisa Anda gunakan untuk menyimpan ASIP sementara jika harus mati listrik dalam waktu yang lama.
  5. Jika mati listrik, maka ASIP cair yang disimpan di kulkas bisa Anda pindahkan ke freezer agar suhunya tetap dingin.Jangan lupa pindahkan kembali ASIP cair tadi ke kulkas saat listrik sudah menyala normal.
  6. Segera setelah listrik menyala, cek kondisi botol2 ASIP Anda. Jika seluruh bagian ASIP beku sudah mencair sepenuhnya karena mati listrik, maka harus habis dikonsumsi dalam 24 jam setelah mencair semua. Jika masih ada titik bekunya, maka masih dapat dibekukan kembali.

Sedia payung sebelum hujan, siapkan strategi penyimpanan ASIP di musim banjir
Stay safe, jaga kesehatan, dan tetap semangat menyusui!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya