Selasa, 03 Februari 2015

TIPS Merawat Clodi

Persiapan sebelum clodi digunakan:

Sebelum clodi baru digunakan, sangat dianjurkan untuk dilakukan pre wash sebanyak 3 kali, cuci-kering-cuci-kering-cuci-kering. Ini berguna untuk menghilangkan lilin pabrikasi, dan membuat clodi mengembang dan berdaya serap tinggi.

Cara Mencuci Clodi Agar Awet:
  • Bersihkan clodi dari kotoran (pup) terlebih dahulu dengan cara disemprot atau disiram.
  • Jika belum sempat mencuci segera, kucek sebentar di bawah air mengalir untuk membersihkan sisa ompol.
  • Apabila clodi menggunakan velcro, pastikan velcro menempel pada laundry tab
  • Mencuci bisa dengan manual (tangan) atau mesin cuci. Boleh pula dikeringkan dengan mesin cuci kecuali bagian outer berbahan PUL atau waterproof . Lapisan luar (waterproof) cukup diperas tangan tetapi tidak dipelintir sebab dapat membuat lapisan water[proof cepat rusak. 
  • Tidak dianjurkan mencuci bagian outer berbahan PUL dengan air bersuhu panas karena akan merusak lapisan waterproof dan karetnya. Gunakan air biasa atau suam-suam kuku.
  • Gunakan detergen dengan 1/4 takaran normal yang dianjurkan pabrik pembuat detergen. Bisa menggunakan detergen khusus clodi atau detergen biasa. Pilih detergen yang tidak mengandung enzim pemutih, pelembut, dan soap base karena mengandung minyak dan membuat daya serap clodi menurun. Hindari optical brightener (biasanya dalam sabun cuci piring) karena bisa membuat iritasi kulit.
  • Untuk noda membandel dapat ditambahkan baking soda.
  • Bilas sampai bersih, kemudian keringkan di bawah matahari langsung atau bisa diangin-anginkan. Bila masih ada bekas warna noda, biasanya bisa hilang dengan menjemurnya di bawah sinar matahari sebab sinar matahari secara alami dapat menghilangkan noda.

Perawatan Clodi

Disarankan untuk tidak merendam clodi terlalu lama. Jika terpaksa merendam lebih dari sehari, sering-seringlah mengganti airnya agar tidak bau.

Jangan menggunakan cream bersamaan dengan pemakaian clodi. Cream yang berminyak akan menempel pada lapisan dalam popok dan sulit untuk dibersihkan, juga melapisi serat. Jika Mommy ingin memakaikan cream, gunakanlah nappy liner untuk mencegah cream langsung menempel pada lapisan dalam diaper.

Lakukan stripping secara berkala, dianjurkan selama sebulan sekali. Stripping adalah proses menghilangkan residu detergen pada kain sehingga daya serap clodi tetap baik. Caranya: Cuci dahulu clodi dan bilas sampi benar-benar bersih, kemudian rebus insert 3-5 menit sampai air rebusan keruh. Sedangkan lapisan waterproof cukup direndam dalam air tanpa detergen. Bilas dengan air hingga air bilasan tidak berbusa lagi. Untuk insert microfiber semakin sering dipakai ada jenis microfiber yang menjadi kaku (karena banyaknya residu yang menempel).Untuk membuatnya lembut kembali bisa menggunakan sabun cuci piring atau baking soda, dan dicuci menggunakan air hangat. 

Kok clodi anak saya bocor?
Kemungkinan pertama karena pemasangn insert yang tidak pas, dan clodi kurang fit di badan bayi.
Kemungkinan kedua karena insert sudah jenuh dengan residu detergen, maka perlu dilakukan stripping
Kemungkinan ketiga, pipis anak banyak jadi tidak cukup hanya 1 insert, maka insert perlu didobel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya