Sabtu, 04 April 2015

Rahasia Baby Han Jadi Doyan ASI & ASIP

Baby boy ku, Han saat ini usianya sudah 4,5 bulan. Perjalanan yang masih lama menuju ASIX (hihihi, padahal tinggal 1,5 bulan lagi ASIX lalu lanjut sampai usia 2 tahun, inshaAllah )

Semangat!


Eits sampai mana tadi? Pertama menyusui itu.. Ya, tanpa IMD (karena kelahiran tidak normal alias saecar) lalu bayi diberikan paginya dalam keadaan sudah ganteng dan sudah bersih #halah. Saat diberikan oleh mbak perawat yang cantik, beliau mengajarkan cara menyusui yang benar. Sebelum diberikan ASI, payudara kita sebaiknya dimassage dahulu lalu dioleskan ASI ke putingnya. Mungkin agar bayi mencium wangi ASI apa ya? Alhamdulillah baby Han langsung “slurrp” mengenyot dengan luar biasa (alamak, hiperbola amat ya)

Pernah suatu kali saat masih cuti, tiba-tiba Han menangis tidak mau menyusu. Aku sudah curiga ini jangan-jangan bingung puting  Sudah menangis sejadi-jadinya karena khawatir takut cerai dini sama my baby boy. Sempat drama juga sama Mbah putrinya saling menyalahkan karena satu alasan, BOTOL. Beberapa jam kemudian baby Han bersendawa lalu tertidur pulas ooh ternyata dia kembung. Perutnya begah dan tidak ada seorang pun yang menyadarinya, ya  karena pemberitahuannya cuma lewat tangisan. Mungkin baby Han mau bilang, “Ambu, Mbah, Baba.. aku ini sedang kembung, kenapa malah dikasih susu lagi?? Perutku sakit Bu.. Gak enak nih badanku”

Terkadang kita sebagai orang tua yang terlalu banyak membaca referensi jadi tidak memperhatikan diri kita sendiri, mulai dari kebersihan diri (sudah mencuci tangan sebelum menyusui belum), makanan yang masuk ke dalam tubuh kita dll. Sedikit sepengetahuanku, baby kadang menolak menyusu karena ASI kita panas (mungkin kitanya yang panas dalam atau kurang enak body), terkadang sebelum menyusu kita lupa memassage payudara kita jadi yang keluar cuma sedikit atau malah terlalu deras, terkadang juga kita tidak memperhatikan pola makan kita jadi efeknya ke bayi kita. Ini terjadi saat kurang sayur/serat, imbasnya baby Han jadi susah BAB, makan sambel juga jadi susah BAB (ini berlaku sama baby Han lho), makan sayur nangka (gori-bhs Jawa) juga baby jadi panas dalam. Beda sama halnya kalau aku makan pepaya, beberapa jam kemudian setelah Han menyusu dia langsung BAB, wah tokcer juga ya pepaya ini.

Selama ini memang kalau ditinggal kerja baby Han minum ASIP dari kulkas. Sempat Han menolak ASIP, kata Mbah putrinya waktu botol dibuka saja dia sudah nangis tidak mau. Kupikir-pikir.. Ah iya! Beberapa hari ini memang aku lagi kena maag. Jadi bisa jadi ASIPnya kena lipase tinggi jadi bau ASIP saja sudah bau kecut. Cara mengatasinya? Sudah ditulis AIMI di sini. Pernah juga kebingungan karena komponen pompa ASI nya ada yang kurang (bagian corongnya ketinggalan), ceritanya di sini Buibu. Alhamdulillah kok ya masih bisa dipakai breastpump nya 


Buibu mau tahu selama ini babyku jadi lebih doyan ASIP yang kusimpan karena apa? Aku makan atau minum (apa sih) telur ayam kampung mentah. Alhamdulillah baby Han kayaknya senang sama ASIPku.

Selain telur ayam kampung mentah, aku juga konsumsi susu kedelai. Hihihi, kalau ini mah berdasarkan ilmu orang tua juga produk yang dijual yang katanya sebagai booster ASI yang komposisinya kedelai. Wah lha ini, kandungannya kedelai ya mending beli susu kedelainya saja hahaha. Jadi Buibu, kalau baby seperti ogah menyusu kita harus mempelajari apa yang salah mulai dari diri kita dulu, baru mempelajari yang lain.

Tetap semangat ya Buibu! Saya juga semangat! Salam nenen ^_^

comments

1 komentar:

  1. Wah hebat bisa berlanjut sampe 2 tahun, anakku Max juga bentar lagi mau cerai ASI bulan 4 mendatang. Tapi masih bingung triknya nih hiks.

    BalasHapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya