Jumat, 26 Juni 2015

PD Bengkak karena Masuk Angin?

Hai Moms dan Buibu di manapun berada dan para pembaca yang lainnya.

Tulisan ini aku tulis saat Ramadhan hari ke-7 di mana banyak para ibu yang sedang berpuasa meski hamil dan menyusui. Alhamdulillah aku termasuk yang ikut busui yang Insya Allah puasa. Semoga amal kita diterima Allah swt. Tahun kemarin juga alhamdulillah puasanya bumil cuma bolong sehari, itu juga karena muntah-muntah tidak karuan. Aneh ya, usia kandungan 5 bulan tapi masih muntah-muntah juga. Mungkin karena masuk angin ya. Padahal puasa pertama dibuat pergi ke Jogja PP, sudah muntah-muntah awalnya tapi tetap dilanjut puasa. Mau batalin tapi ibu sama suami masih puasa, jadi aneh rasanya kalau berbuka sendirian :D Ceritanya ada di sini

Back to topik. Awalnya khawatir juga, apa iya baby Han kuat puasa juga? Yes, baby Han alhamdulillah masih menyusu sampai sekarang (sekarang usianya 7 mo) dan bahkan kuat menyusunya walaupun masih disambi mainan dan asyik dengan dunianya. Sudah dibahas sebelumnya dimari bagaimana trik-trik menghadapi puasa bagi ibu hamil dan menyusui, iya intinya perbanyak cairan dan asupan nutrisi selama berbuka. Akan tetapiiiii, yang biasanya cuma minum 2 - 3 gelas setelah berbuka sekarang dipaksakan harus lebih walhasil perut jadi kembung karena terlalu banyak cairan. Hmm tambah masalah!

Lalu, muncul lagi masalah ibu menyusui ketika puasa yaitu ibunya jadi masuk angin dan terasa mual terus menerus. Eits, mualnya bukan hamil ya. Meskipun sudah telat sebulan lebih tapi dites negatif. Jadi ini mualnya ya karena perut kosong dan akhirnya terisi angin.

Kemarin aku mengalami ini, tiba-tiba payudara (PD) aku bengkak. Seperti saat awal-awal menyusui dulu. Kalau pada awalnya kan memang bengkak, kalau orang Jawa bilang mah, "nawoni". Tapi ini kan sudah 7 bulan? Masak iya nawoni juga? Awalnya aku kirain, mungkin pengosongan PD kurang maksimal, bisa jadi kan. Walaupun rutin diperah tapi ketika baby Han nenen langsung dia sibuk ngajak main sama ibunya. Mungkin rasa kangennya karena seharian ditinggal kerja ya, jadi waktu ketemu dia pengennya main melulu sama ibunya. Duh nak.. maafin Ambu ya.

Kalau kata ibu aku, PD bengkak itu bisa jadi disebabkan masuk angin. Angin  yang dari punggung ganti lari ke anggota tubuh bagian depan. Iya punggung aku nih sudah penuh dengan koyo, karena sakit! Sakit masuk angin sih. Terus gimana solusinya? Minta pijat suami! Etss! Jangan parno dulu ya! Iya bagaimanapun suami berhak dan wajib tahu kalau sumber makanan anaknya sedang bermasalah jadi ya mana mungkin tega sih suami ngebiarin istrinya mengalami pembengkakan. Alhamdulillah setelah diurut langsung bisa bersendawa. Nah.. iya kan masuk angin :D sotoy amat nih aku.

Sebetulnya belum tuntas benar sih, akhirnya waktu pagi tadi aku kasih koyo tambahan di PD. Rasanya semakin bengkak, lalu jam memerah berikutnya aku usahakan buat memompa lagi. Harus sampai habis sampai PD berasa kosong daaaaan alhamdulillah kok bengkaknya menghilang, tinggal linu-linu sedikit di PDnya.

Jadi kesimpulannya, kemungkinan kelenjar mamae bisa tersumbat dikarenakan masuk angin. Nah, masuk angin mulai sekarang perlu diwaspadai oleh busui. Sehat terus ya buibu, juga diriku, serta keluarga kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya