Selasa, 07 Juli 2015

Pulsa Listrik Prabayar Terblokir

Pulsa Listrik Prabayar Terblokir. Seperti biasa setiap awal bulan biasanya selalu saya utamakan untuk membeli pulsa listrik via CIMB NIAGA clicks sekaligus menchek jumlah nominal yang masuk di awal bulan. Lebih praktis tanpa perlu antri di ATM. Membuat CIMB Niaga Clicks juga tergolong mudah, hanya perlu rekening Bank Niaga pastinya dan nomor handphone untuk registrasi awal karena akan dibutuhkan untuk memasukkan mpin. Bukan cuma pulsa listrik saja tapi bisa juga untuk membeli pulsa telepon.

Untungnya menggunakan CIMB Niaga Clicks untuk membeli pulsa listrik adalah biaya adminnya yang Rp 0,- jadi benar-benar kita mendapat jumlah Kwh sesuai jumlah nominal uang kita dan tentunya tetap dengan biaya pemotongan PPj (Pajak Penerangan Jalan). As you know, dengan ikut membayar PPj bukan berarti kita berhak menyalahkan PLN ketika lampu penerangan kota pada malam hari tetap mati. PPj itu Pajak, sementara nyala lampu merupakan biaya operasional dari PLN sendiri.

Update : Mulai Februari 2016 biaya admin menjadi Rp 3.500,- per transaksi pembelian pulsa listrik prabayar.

Kembali ke topik hidayat, eh topik utama. Jadi setelah memasukkan username dan pasword lalu masuk untuk membayar melakukan isi ulang (Pulsa Listrik Prabayar termasuk melakukan isi ulang bukan melakukan tagihan pembayaran) eh malah yang keluar peringatan pulsa listrik prabayar terblokir dan harus menghubungi PLN seperti gambar berikut.

pulsa listrik prabayar terblokir

Awalnya saya pikir “Oh mungkin i-bankingnya yang lagi trouble,” jadi saya coba mengisikan pulsa listrik prabayar yang lain karena kebetulan juga ada tagihan listrik toko yang kami sewa. Ternyata bisa. Jadi ini mungkin memang pulsa listrik rumah kami yang ada sedikit kendala.

Okelah berangkatlah saya eh adik saya ke kantor PLN Pusat Kudus. Beruntung dia pernah magang di kantor PLN jadi tahu seluk beluk kantor yang ada di PLN. Untuk berjaga-jaga bawalah kartu listrik pintar yang berupa kartu mirip kartu ATM, nomor pelanggan lama dan identitas semisal KTP atau SIM. 

Biasanya pembelian pulsa listrik terblokir karena peralihan menjadi listrik prabayar. Masalahnya di sini kami memang peralihan dari listrik pascabayar menjadi listrik prabayar. Kami memutuskan beralih ke listrik prabayar karena untuk menaikkan daya listrik dan peraturan yang terbaru, baik pemasangan baru, penurunan atau menaikkan daya listrik harus beralih menjadi listrik prabayar. Alhamdulillah selama menggunakan listrik prabayar, tagihan listrik tetap berjalan seperti biasa. Tentu saja ada perbedaan nominal antara yang berdaya 450 watt maupun yang 900 watt. Yang jelas beralih ke daya 900 watt, listrik di rumah kami tidak merasakan perubahan ketika listriknya mengalami turun daya.

Selama peralihan menjadi listrik prabayar, ceritanya waktu itu kami diubah menjadi listrik prabayar tanggal 25 sementara biasanya pencatatan meteran listrik dilakukan tanggal 20. Jadi antara tanggal 20 ke 24 masih menggunakan tagihan pasca bayar barulah yang tanggal 25 menggunakan pulsa listrik prabayar. Mestinya tetap akan ada tunggakan listrik yang selama penggantian meteran belum terbayar. Dan benar saja, setelah dicek di kantor PLN bagian Customer Service memang ada tunggakan listrik yang belum terbayar. Setelah dibuka nomer ID lama yang terblokir kami disuruh menunggu satu jam baru bisa melakukan pembelian pulsa prabayar. Kemudian pulsa listrik pun dapat kami beli seperti semula.

Kira-kira tagihan peralihan listriknya seperti ini.

struk pulsa non listrik terblokir

Tapi aneh saja, padahal sejak penggantian meteran listrik jadi prabayar saya coba cek terus menerus tagihan listrik pascabayar saya tapi tidak pernah ada tagihannya lalu secara mendadak PLN memblokir pembelian pulsa listrik baru. Iya ini aku beruntung mau beli pulsa pas belum habis, lalu bagaimana jika kasusnya sudah lampunya kedip-kedip? Kan aneh juga kalau harus mengurus dulu ke kantor PLN. Bisa semalam dong mati lampu nunggu kantor PLN buka, dan untuk membuka tagihan yang terblokir ini tidak bisa melalui call center lalu kita mentransfer sejumlah uang ke bank tertentu, kita diwajibkan datang sendiri ke kantor PLN.

Untung saja birokrasi PLN di kota kami yang tergolong kecil tidak ribet. Terima kasih PLN, semoga ke depannya lebih baik. Oh iya, jika boleh usul kalau ada pemadaman listrik bergilir alangkah senangnya kalau pemberitahuannya lewat khalayak ramai melalu media sosial misalnya ataupun dari radio-radio.

comments

6 komentar:

  1. Hmmm barutau bisa terblokir gitu. E bukannya prabayar ngerasanya lbh mahal ya, atau perasaanku saja heheheee... Untuk yg nggak urgent bisa online kok PLN. Aku naik daya via websitenya. Untung ya beli pulsanya nggak pas habis. Aku pernah habis pulsa jam 2 malam, lupa. heuheueh

    BalasHapus
  2. Bisa kok mak Lusi, buat yang meteran listrik prabayarnya baru dan tagihan lama listrik pascabayar masih ada yang belum terbayar. Sayang dari PLN tidak memberikan konfirmasi sebelumnya. Mungkin bisa menjadi masukan bagi PLN.

    BalasHapus
  3. Aneh juga ga ada pemberitahuan yah, kalau ditempat saya dulu telat sedikit aja ada petugas datang kasih surat peringatan.

    BalasHapus
  4. Oh iya nambahin mba, dulu saya juga beli voucher pln lewat internet banking atau atm, tapi sekarang pilih beli online aja soalnya lebih murah & ga kena biaya adm :)
    kalau mau yg cepet prosesnya beli di tokopedia tapi kalau mau yg lebih murah di evenia cuma kode tokennya agak lama muncul beda sama toped yg langsung & ada notif via sms pula *bukan promo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakah mas? wah infonya menarik nih. Trims ya

      Hapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya