Sabtu, 26 September 2015

Cara Membuat Mamacloth dari Baju Tak Terpakai

Punya baju bekas tak terpakai? Jual saja di xxx.com Buat saja menjadi mamacloth sendiri. Mamacloth atau menspad tidak harus selalu menggunakan kain PUL Waterproof. Kita bisa membuat sendiri dari jenis kain apapun, iya disesuaikan kebutuhan juga. Tapi jika tidak ingin tembus memakai kain juga PUL Waterproof tidak salahnya cuma ya itu, berat di biaya produksi apalagi wanita biasanya deras-derasnya menstruasi di hari-hari pertama saja. Jadi kenapa tidak memakai kain biasa untuk hari-hari terakhirnya? Bisa menggunakan kain dari baju-baju lama kita.

Yuk disimak cara-caranya.

1. Siapkan baju yang akan dipakai, di sini saya memakai kain katun bali. Karena sifatnya yang adem dan mudah menyerap air maka saya gunakan sebagai lapisan inner. Sedangkan lapisan outernya bisa menggunakan kain katun dari sisa daster. Sayang dasternya sudah keburu dipotong jadi tidak ada bukti ototentiknya #tsaah

kemeja batik bali dari bahan rayon

2. Siapkan pola dan potong mengikuti pola tersebut.

Karena bahannya rayon bersifat adem jadi digunakan sebagai lapisan inner

3. Jahit inner dan penyerap terlebih dahulu. Untuk kain penyerap saya juga menggunakan handuk lama yang masih agak lumayan daya serapnya. Caranya lipat handuk menjadi tiga bagian dan sesuaikan ukuran mamacloth lalu jahit.
Handuknya juga sudah keburu dijahit jadi tidak ada picturenya dah


4. Setelah inner dan penyerap terjahit, lalu jahit dengan outernya. Obras memutar di bagian paling luar pola tersebut.

Bagian outer dari kain katun biasa
5. Jangan lupa pasang kancing snap menggunakan handpress atau snap pliers. Cara memasang menggunakan snap pliers sudah saya ulas di sini lhohh . Jika tidak punya kancing snap bisa diganti dengan velcro (perekat) maupun kancing cetit.

6. Tarrraaa... sudah jadi.

Lumayan kan buat hari-hari pas lagi gak banyak-banyaknya. Hemat juga sehat. Yuk bikin yuk..
comments

2 komentar:

  1. Waaa kreatif. Nggak terpikirkan sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada terbuang atau jadi gombal hehehe kan jadi berguna lagi ^_^

      Hapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya