Kamis, 22 Oktober 2015

Baby Han 11 mo : Dua Langkah Awal Merangkak


Alhamdulillah my baby 11 mo, is he can walking now? Nop. Nop yet. Merangkak aja belum kok. Ah nggak apa-apa Nak, lagi-lagi Ibu tidak akan membandingkanmu dengan bayi lain. Meskipun bayi lain sudah pada rambatan di tembok, sudah pada berjalan its okey son! Sekolahnya besok bareng.

Jadi umur 11 bulan ini, apa aja yang sudah bisa kamu lakukan Baby Han?

Mengeluarkan Mainan dari dalam Box lalu Memasukkan Kembali.

Okey, ini progress yang luar biasa. Biasanya bayi cenderung suka memberantakkan sesuatu lalu membiarkan saja apa adanya. Bayiku berbeda, dia bisa memasukkan kembali mainannya, mungkin dianggapnya itu sebagai permainan juga ya. HaHaHa. Tapi ini yang namanya belajar tanggung jawab, belajar rapi dan disiplin. Mengajarinya juga perlu dari awal, jadi saat dia mengeluarkan mainannya dari dalam box lalu buru-buru kita masukkan kembali ke dalam box sambil mengajaknya tertawa. Dia akan menganggap itu adalah sebuah permainan. Permainan mengeluarkan dan memasukkan. Lakukan dengan riang tanpa perlu menasehatinya dengan nada tinggi. Boleh lagi kita sambil mengatakan, "Yuk dek belajar memasukkan mobilnya ke kotak yuk biar rapi." Iya sesekali kalau lagi ngambek minta nenen, mainannya dikocar-kacir nggak mau ngembaliin juga sih kadang. Moody juga ya ni bocah, kayak siapa ya itu hahaha *ngacir

Membedakan Antara Makanan dan Mana yang Bukan.

Jika dua bulan kemarin baby Han masih belum bisa membedakan mana yang makanan dan mana yang bukan semuanya dia telan, bulan ini dengan sempurna dia sudah bisa membedakan mana yang enak dan mana yang tidak enak. HaHaHa. Bahkan terkadang dia suka ambil sendiri jajan yang di dalam toples lalu dikunyah dengan gusi gerahamnya. Aku juga kadang heran, apa di gerahamnya sudah tumbuh gigi ya kok tiap menguyah cistik selalu digigit dengan gusi geraham ya? Haha. Cumaaan... Kadang jajan yang sudah dilumuri liur baby Han sering dimasukkan kembali ke toples, jadinya kalau yang mengawasi kurang awas bisa kemasukan liur deh toplesnya. Kalau main ke rumahku jangan ambil jajan ya! bahaya! hahaha nggak ding, toples buat tamu beda sama toples kerupuk punya baby Han.

Menghapalkan Suara Motor Orang Tua.

Orang tua mana yang tidak bahagia kalau pas pulang kerja disambut senyum tawa si kecil ya nggak? Mungkin karena itulah banyak pasangan yang ingin segera mempunyai anak setelah menikah. Semoga yang belum dikaruniai anak segera dijabahkan sama Yang Maha Kuasa ya.

Jadi sebelum sampai depan pintu dari jarak beberapa meter rupanya baby Han sudah menghapalkan kalau ini motornya Ibunya atau Babanya bahkan motor Omnya juga. Lalu dia akan tersenyum dan berlari menghampiri dengan baby walkernya.

baca juga : [5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Baby Walker]

Mengingat Sesuatu Hal/Benda lalu Mengambilnya.

Kalau di sebuah variety show yang menampilkan adik bayi merangkak dan kakak-kakak batita beraksi sesuai umurnya, Baby Han sudah bisa mengingat sesuatu benda lalu membawa benda tersebut untuk diperlihatkan.

Misal nih, kita bersuara "meooow" lalu baby Han akan melaju dengan kendaraannya [baca : baby walker/apollo] masuk ke dalam ruang keluarga mengambil kucingnya (boneka) dan menunjukkannya pada kami. Wah pintarnya.. anak siapa sih ini hihihi

Mengulang Satu Dua Kata Secara Berulang

Kembali lagi ke tumbuh kembang bayi, ada yang melesat dengan berjalan terlebih dahulu, ada juga yang melesai dengan belajar berbicara dahulu. Atau bahkan ada juga yang melesat secara bersamaan. Bayiku ini termasuk yang... hehe ya begitulah.

Dalam usia 11 bulan ini, tiga kata yang sering diucapnya berulang-ulang "maem, mamah, papap" bahkan terkadang juga "mbah", tampaknya lebih mudah mengucapkan dengan vokal a atau e ya. Seperti "ibu" kayaknya agak susah karena ada huruf i dan u. Pelan-pelan kita belajar bareng ya Nak.

daaan...
progress yang menakjubkan sekali kemarin petang. Baby Han mau merangkak dua langkah awal pertamanya. Ohhh Mommy love it Hun..
Semoga hari ini atau nanti sore, nanti malam atau besok sudah mau merangkak lebih jauh ya Nak.

Salam sayang dari Ibu
Oktober 2015


comments

8 komentar:

  1. Balasan
    1. ampun tante.. jangan diciwel-ciwel pipi aku.. hahaha kata Baby Han

      Hapus
  2. Balasan
    1. besok sekolahnya bareng ya ^^, atau jangan-jangan nanti bisa sekampus ya hihihi

      Hapus
  3. Duuuh lucunyaaa.. Sebentar lagi jalan pasti ibunya ikut puyeng hihi
    Beda sedikit dengan anak saya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapa bulan mak anaknya? hehe kepo yah aku :D

      Hapus
  4. ow pintar sudah bisa merapikan mainan sendiri. kyk ponakan saya tuh mbak, makan pake gusi, sampe ibunya bengong. hihi

    anak saya juga panggil 'ibu' stlh setahun lebih banyak. bisanya manggil 'mamah'. saya dipanggil 'mamah', bapaknya juga dipanggil 'mamah'. gedean dikit 'mamah' sama 'yayah'. trus lama2 bisa deh panggil 'ibu'.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin gusinya kuat banget ya, hihihi..

      nantinya dia mau manggil saya apa mah terserah dianya aja wes, sebisanya dia. daripada sekarang kalau manggil orang kadang gak disebut namanya cuma "Heh! Heh!"

      Hapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya