Kamis, 01 Oktober 2015

New Header Blog berkat Bakat Photopshop Level Abal-Abal

Header blogku yang baruuuuuu.. HaHaHa. Walaupun masih kalah dibanding maestro-maestro lainnya tapi setidaknya ini hasil karyaku sendiri . Menggunakan photoshop CS3 (portable). Eh kok portable? Ada ya aplikasi yang portable gitu? Ada. Aku dapat dari master fotografer

Jujur aja sih ini gak banget soalnya memang nol besar soal photoshop. Asal coba-coba saja karena kata master photoshop, apa aja yang di dalam aplikasi tersebut coba saja satu persatu. Ya kalau mau cari tutorialnya sih silakan aja, itu kalau sempat. Begini lur dulur.. Awalnya karena kesalahan teknis yang gak mudeng photoshop hasil header punyaku malah jadi comel.. ih comelnyeee (menurut aku lah..), awal mulanya aku..


Open photoshop CS3 portable.

Buat new layer berukuran 900x300 pixel. Ya kurang lebih segitu soalnya biasanya header blog berkisar 900 - 916 pixel. Aku buat transparan biar bisa menyatu sama blognya. Kita kasih nama "new header".


Open fotomu yang mau dibuat jadi tambahan di headermu.

Karena aku tadinya mau dibuat kartun tapi setelah diutak-atik jadinya gak ketemu biar jadi kartun, akhirnya aku ubah settingnya jadi sketsa. Caranya klik filter cari sketch → photography. Nah setelah dibuka ternyata muncul bermacam-macam pilihan. Kita cobain aja satu-satu.


Sudah diklik okey, eh kok sketsaku jadi warna pink ya? HaHaHa nah di sini ini rupanya gak kemudenganku muncul. Ternyata sebelum kita klik filter, set foreground warna nya harus diubah dulu. Karena tadinya warnaku sudah pink jadilah sketsaku jadi pink.


Sekarang kita akan mengopy sketsa kita ke layer "new header" tadi. Karena saya cuma ingin menggunakan orangnya aja, jendelanya gak usah jadi kita harus pilih orangnya aja dengan menggunakan Magic Wand Tool atau T pada keyboard. Atau bisa aja sih menggunakan Quick Selection Tool. Caranya memindah Magic Wand ke Quick Selection pakai klik kiri ya di mousenya. Enaknya kalau pakai Quick Selection ini kita bisa menambah atau mengurangi bagian-bagian yang dirasa perlu. Jadinya harusnya seperti ini. Aku rasanya masih kurang halus lagi menselectnya.


Sudah terpilih semua lalu klik tarik pakai mouse dan selection ke "new header". Jadi terlalu besar gambarnya? Pakai CTRL+T lalu tarik sesuai kebutuhan.

Tulis nama blogmu menggunakan Horizontal Type biasa. Sesuaikan front dan juga ukuran, eh warnanya juga ya jangan lupa.. HaHaHa. Kalau sudah kelar semua jangan lupa disave dengan format PNG biar transparant.

Tararaaa sudah jadi...

comments

10 komentar:

  1. Keren ih, aku juga lagi belajar nih make sotosop :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga malah dari dulu sampe sekarang masih lvl beginner melulu. HaHaHa

      Hapus
  2. Yang penting buat sendiri mbak hehe :D hasil sendiri lebih puas :3 walaupun hasilnya gak seberapa salam
    sutopo

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul-betul mas Topo, cuman ya kuiii perlu banyak banyak banyak belajar lagi. suwun kunjungannya

      Hapus
  3. Seneng ya kalau bisa bikin header sendiri, bisa ganti suka2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih suka lagi kalau editannya bagus XD Ah kapan itu..

      Hapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya