Selasa, 03 November 2015

[Review] Kill Me Heal Me

Kill Me Heal Me bercerita tentang Ji Sung memerankan Cha Do Hyun seorang bangsawan yang menderita Dissociative Identity Disorder (D.I.D) dan seorang dokter magang Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum) yang dengan sepenuh hati berusaha menyembuhkan Cha Do Hyun. Oh Ri Jin merupakan psikiater rahasia Cha Do Hyun, hingga akhirnya Oh Ri Jin jatuh cinta pada salah satu personalitas. Siapa dia? Yuk kita lihat lebih lanjut.



Kenalan yuk sama pemain-pemain intinya,

First Lead Actor - Ji Sung as Cha Do Hyun


Drama ini mengajakku pertama kalinya mengenal Ji Sung sang tokoh utama Cha Do Hyun. Semasa kecil Cha Do Hyun mengalami trauma sehingga menyebabkannya memiliki 6 kepribadian yang lain, di sini akting Ji Sung sangat teruji karena dia akan memerankan perannya sebagai:

1. Shin Se Gi, seorang pria brutal yang selalu menggunakan kekerasan dan akan melakukan apapun untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Meski begitu, Shin Se Gi tidak akan pernah menyerang wanita dan anak-anak.

2. Perry Park, seorang old ahjuhsi yang pintar merakit bom. Tingkat kePeDeannya yang besar sering menjadikan Cha Do Hyun berada dalam masalah. Kita bisa langsung melihat perubahannya dari postur tubuhnya juga gaya berpakaiannya yang nyentrik abis.


3. Ahn Yo Sub, remaja 17 tahun dan berkepribadian yang cerdas tapi suka menyendiri. Dr Scotfield (sebetulnya Dr Soek Ho Pil - psikiater Cha Do Hyun ketika berada di Amerika) menyebutnya sebagai kepribadian yang suka bunuh diri

4. Ahn Yo Na, saat Cha Do Hyun berada dalam masalah yang sangat meresahkan Ahn Yo Na akan mengambil alih perannya karena dia adalah gadis yang penuh semangat dan mempunyai tokoh-tokoh idol (mengingatkanku pada diriku sendiri, ah kapan bisa ketemu Donny Sibarani Ada Band haha). Ji Sung termasuk berani mengambil peran ini karena peran Ahn Yo Na harus melakukan adegan ciuman dengan Oh Ri On. Wow.. lihat ekspresi Yo Na ketika berhasil mendapatkan apa yang dia inginkan dan lihat ekspresi Oh Ri On, iuuuhh...


5. Nana, jarang sekali Nana muncul dalam film ini. Kita akan dibimbing untuk bertemu Nana ketika ada beruang Teddy besar muncul di ruang bawah tanah.

6. Mr X, begitu juga dengan Mr X. Mungkin inilah yang ingin ditampilkan sebagai sosok misterius oleh penulis Jin Soo Wan sehingga bila dihitung kepribadian yang muncul selama dalam film hanya berjumlah 6 (sudah termasuk Cha Do Hyun), padahal di awal cerita Cha Do Hyun mengatakan pada Oh Ri Jin kepribadiannya terbagi 7. Lalu siapa kepribadian yang ke-7nya? Saksikan sampai akhir lalu kamu akan mendapatkan jawabannya.


Second Lead Actor - Hwang Jung Eum as Oh Ri Jin
Salut sama Jung Eum, sebagai peran utama kedua Jung Eum memerankan dengan apik tokoh dokter jiwa atau psikiater. Tidak jarang dia harus berpura-pura gila. Bahkan sebagai seorang aktris dengan jam terbang lumayan dia berani untuk tampil tidak cantik. Kepiawaiannya mampu mengubah dari sosok yang bahagia menjadi pribadi yang sedih secara instan. Jung Eum akan membawa kita pada nuansa sedih saat melihatnya shock kala ingatannya kembali.

Jika masih meragukan akting Hwang Jung Eum coba lihat kembali drama "Rooftop Prince" dan "She Was Pretty", semua perannya aku suka.



Park Seo Joon as Oh Ri On
Sebagai saudara kembar dari Oh Ri Jin, Park Seo Joon memerankan tokoh oppa yang penyayang dan sering melindungi adiknya. Termasuk juga memerankan oppa bagi Ahn Yo Na, Oppaa!!! hahaha.

Park Seo Joon mampu secara cepat memutar ekspresinya dari pria yang kekanak-kanakan dan playboy menjadi sosok yang serius. Entah kenapa aku lebih menyukai perannya di Kill Me Heal Me daripada di She Was Pretty.

My Favorite Scren

1. [Episode 1] Shin Se Gi pertama kalinya bertemu dengan Oh Ri Jin
Ah siapa yang tidak suka dengan adegan ini? Dari keseluruhan episode aku sangat menikmati adegan yang ini. Shin Se Gi mengungkapkan perasaannya pada Oh Ri Jin dengan sangat romantis, tepat pukul 10 PM (10 malam) adalah saat aku jatuh cinta padamu. Didukung dengan latar belakang yang romantis dan background musik yang mengenai langsung ke jantung hati. Oh saat itulah aku jatuh cinta dengan  "환청" (Auditory Hallucination) yang dibawakan oleh  Jang Jae-in feat. NaShow. Makanya tidak heran kalau lagu ini menang sebagai Best Original Musik di ajang 8th Korea Drama Awards.

2. [Episode 1] Oh Ri Jin mengatakan genre drama Kill Me Heal Me
Masih adegan bersama Shin Se Gi, seolah-olah Oh Ri Jin sedang mereview dramanya sendiri, dalam pembicaraannya sendiri Oh Ri Jin mengatakan "mengapa genrenya berubah dari komedi romantis menjadi action," I think its funny.


3.[Episode 7] Scene Cha Do Hyun menemukan tulisan grafiti "Heal Me"
 Di sini rupanya pemikiran cerdas penulis Jin Soo Wan mengungkap mengapa drama ini berjudul "Kill Me Heal Me"

4. [Episode 11] Ketika "Sister en Brother" mengulang masa kecil mereka.
Aku suka adegan ini, ketika Oh Ri Jin dan Oh Ri On berakting seperti gaya Tim Roket (Pikachu Movie) lalu pergi masing-masing tanpa sepatah kata. Masa kecil memang menyenangkan ya.


5.  [Episode 14] Oh Ri Jin bersembunyi di balik oppanya setelah mengucapkan "Dont bother him, He is my man"
Kita bisa melihat kedekatan ibunya Oh Ri Jin bersama anak-anaknya. Di mana anak-anaknya berubah menjadi "anak kecil" dan ekspresi Oh Ri Jin yang bersembunyi karena malu, hiii gemeees.
.
6. [Episode 18] Oh Ri Jin dan Oh Ri On berunding tentang Ahn Yo Na
Entah kenapa ya, Ahn Yo Na seringkali membuat masalah selain Shin Se Gi. HaHaHa. Tapi sebetulnya inilah yang terjadi di masyarakat jika ada seorang wanita bersembunyi di tubuh pria, jika diijinkan tidur bersama tuan rumah perempuan kan dia berfisik pria, kalau diijinkan tidur bersama tuan rumah laki-laki nyatanya dia berperangai sebagai wanita. CMIIW


7. [Episode 19] Cha Do Hyun dan Oh Ri Jin mengucapkan selamat tinggal kepada Cha Joon Young kecil dan Cha Do Hyun kecil
Berkat bakground musik yang apik (song : Manchurian Violet oleh Ji Sung), editing, dan pencahayaannya  serta ekspresi ke-4 tokohnya. Kita ditunjukkan bahwa Cha Do Hyun akhirnya berhasil disembuhkan oleh Oh Ri Jin.



Dari keseluruhan alur cerita, sebetulnya drama ini bergenre lengkap yaitu komedi, romantis, misteri, pengobatan dan action. Alurnya pun sistematis juga konsisten dari awal sampai akhir. Itulah kenapa pada awal-awal episode pertanyaan Oh Ri Jin kepada Cha Do Hyun seolah menjadi sesuatu yang sangat penting karena bersinambungan sampai bagian akhir.


Antara Cha Do Hyun sebagai pemain utama pria juga tidak sepenuhnya mendominasi kedudukan pemain utama wanita, meski seringnya kita melihat Ji Sung memainkan adegan sebagai personal yang lain tapi selalu ada Oh Ri Jin dalam setiap adegannya. Jadi aku nilai sih proporsional ya bagian-bagiannya.

Sayang, bagian akhir tidak menyebutkan bagaimana kelanjutan ayah Cha Do Hyun dan ibunya. Sehingga membuat penonton bertanya-tanya. Menurutku sih jika memang tidak ingin mengungkit kisah mereka, seharusnya di awal juga tidak perlu terlalu sering disebutkan toh akhirnya penonton juga tidak tahu endingnya.

Juga terima kasih pada Shin Se Gi karena dia, aku jadi tahu kalau parfum merk Calvin Klein juga ada dalam bentuk CDnya (baca : Celana Dalam)  ABAIKAN

Tidak salah rasanya kalau drama Kill Me Heal Me pada tahun 2015 ini memenangkan sekaligus dua trophy dalam ajang 10th Seoul International Drama Awards sebagai Outstanding Korean Actress yang dimenangkan oleh Hwang Jung Eum dan sebagai Excellent Korean Drama.

The wind is rising, we must try to love - a poem by Paul Velery [episode 20]
Referensi :
1. Lee Min-ho, Lee Joon-gi, Hwang Jeong-eum get top honors at 10th Seoul Drama Awards. http://kpopherald.koreaherald.com/view.php?ud=201509111852277775920_2
2. en.wikipedia.org

comments

4 komentar:

  1. sebetulnya saya itu suka sama cerita drakor, tapi saya gak kesampean aja nonton drakor :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak Santi, biasanya aku nonton via streaming atau nyewa videonya :D

      masih banyak jalan menuju ke Seoul eh ke Roma

      Hapus
  2. Mba Rani...

    Aku suka film ini, keren abiisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan?? jadi susah move on #halah

      Hapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya