Sabtu, 26 Desember 2015

Jelajah Purbalingga Lebih Dekat [Wisata Kuliner Khas Purbalingga]

Liburan bingung mau ke mana? Yuk ikuti perjalanan kami bersama Tim @VisitJawaTengah ke Purbalingga. Purbalingga merupakan sebuah kabupaten yang berbatasan dengan arah sebelah selatan dan timur dengan Kab Banjarnegara, sedangkan dari arah barat berbatasan dengan Kab Banyumas dan Kab Pemalang dari sebelah utara. Jika dari Semarang bisa melalui dua jalur, yaitu Jalur Selatan ataupun Jalur Pantura, saat ini saya sarankan lewat jalur selatan saja karena jalannya lebih halus. Sementara perjalanan Semarang – Purbalingga menghabiskan waktu selama 4 – 5 jam, jadi persiapkan fisikmu sebaikmu mungkin. Lelah di perjalanan? Yuk kita mampir dulu menikmati Soto Bancar Misdar.

Soto Bancar Hj Misdar


Soto Bancar Hj Misdar lengkap dengan gimbal udang

Soto Bancar Hj Misdar dapat kita temukan di Jl Ahmadi Purbalingga tepat di depan Pengadilan Negeri Purbalingga. Warung Hj Misdar ini sudah berpindah tempat selama 5 kali dan terakhir bertempat di Jl Ahmadi yang sekarang ditempati. Dinamakan Soto Bancar karena warungnya berdekatan dengan perempatan Bancar, Purbalingga.


lokasi Soto Bancar Hj Misdar di depan Pengadilan Negeri Purbalingga
Merintis usahanya dari tahun 1982 dengan menggunakan resep turun menurun warisan keluarga, soto bancar memiliki ciri khas keunikan tersendiri yaitu pada kuahnya yang bercampur menggunakan bumbu kacang. Untuk isian soto bancar sendiri terdiri dari ketupat, tauge, irisan daun bawang, irisan wortel rebus, kerupuk warna-warni khas Purbalingga, dan potongan daging yang lumayan banyak sehingga membuat isi mangkuk menggunung. Selain daging sapi, kita juga bisa memilih alternatif daging ayam atau daging jeroan atau campur untuk isiannya.



Sebagai pendamping, kita juga disediakan pilihan bakwan, tahu isi, gimbal udang, dan mendoan khas Banyumasan. Masih merasa cukup untuk menikmati hidangan khas Purbalingga kita juga bisa mencoba es duriannya yang tak kalah menggugah selera. Kita bisa menyantap soto bancar yang nikmat dan es durian yang segar sembari menikmati panorama Kali Klawing dari sela-sela jendela bambu warung ini. Kali Klawing terkenal dengan batu pancawarna dan batu nogosui yang terkenal pada masa kejayaan batu akik.

Kali Klawing

Es Duren
Selain di Soto Bancar Hj Misdar, kita juga bisa menikmati es duren di Depan Tugu Bancar atau sebelah utara Kodim 0702 Purbalingga. Tempatnya strategis sehingga mudah dijangkau dari arah mana saja. Kenikmatannya terletak di rasa daging buah durian disiram gula merah cair dan santan kelapa segar, ditambah serutan es batu sampai menggunung kemudian masih disiram susu kental manis dan sesendok coklat panas. Kita bisa menikmati es duren ini dengan merogeh kocek Rp 15.000 saja untuk semangkok es duren ini.


Sudah terisi energy full, mari kita lanjutkan perjalanan kita ke OWABONG.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya