Rabu, 20 Januari 2016

Ketika Baby Han Menggigit Nipple


Udah lama mau ngebahas ini. Warning, tulisan ini adalah tulisan sarana pembelajaran bagi mamah muda juga sebagai sarana tjurhat.  Selama proses menyusui setiap bayi mungkin akan mengalami fase seperti ini, menggigit nipple. Aih jangan dibayangkan perihnya hati nipple ini.


Terkadang ketika Han bersiap-siap untuk menggigit, ada-ada saja polahnya yang bikin kita ketawa sendiri. Entah itu kepalanya yang mulai geleng-geleng atau gerakan badannya yang bersiap melakukan pemberontakan. Yang pasti dia sudah bersiap-siap melonggarkan peletakannya. Memang lucu sih, tapi kalau sakitnya keterusan juga jadi makin tidak asyik.

Sebelum menginjak usia 1 tahun Han seringkali menggigit kala terjaga. Ini berarti dia masih ingin main-main sama kita tapi tidak mau melepas mulutnya dengan cara mencepit nipple di pojokan mulutnya. Ada berbagai macam alasan kenapa bayi suka menggigit diantaranya bisa jadi dia ingin bermain-main (bercanda) dengan ibunya, atau mungkin karena gemas, bisa juga karena sedang tumbuh gigi, atauu karena pelekatan yang kurang pas sehingga dia menjadi kesal dll.

Nah seiring usianya yang semakin bertambah, rupanya Han sudah tidak lagi menggigit nipple saat masih melek, melainkan saat tertidur. Dan itu bukan cuma sekali, tapi beberapa kali. Kebiasaan ini terjadi karena alasan baru, yaitu bayi kita sedang mengalami kegelisahan.

Untuk kasusnya Han, dia menggigit nipple saat diajak menginap di rumah Simbahnya (Bapak dan Ibu mertua saya). Bukan cuma saat menginap saja sih, tapi yang jelas saat dia jatahnya tidur. Entah itu tidur siang atau tidur malam. Bisa jadi karena tidak terbiasa tidur di tempat asing menjadikan kegelisahan tersendiri buat dia.

Bayi yang sedang menyusu dengan pelekatan yang sempurna, secara fisik tidak akan bisa mengigit nipple karena mulut sedang terbuka lebar dan nipple masuk jauh ke dalam mulut si bayi.  Jadi untuk dapat mengigit nipple ibunya, bayi harus melepaskan pelekatannya tadi, lalu memundurkan kepalanya sedikit dan kemudian baru: HAP! Gigit! Kalau sedang menyusui, perhatikan gerakan melepas pelekatan dan mundur tersebut. Jika itu terjadi, segera lepaskan payudara dengan menyelipkan jari di sudut mulut bayi. – AIMI

Jaman dulu pas Baby Han baru beberapa bulan cara tersebut ampuh dengan menyelipkan jari di sudut mulut Baby Han, otomatis dia akan melepaskan gigitannya tetapi setelah giginya bertambah banyak, yang ada adalah jari saya beserta nipplenya digigit semua sampai segepeng-gepengnya. Saran dari Ibu saya ketika bayi mulai suka menggigit nipple kita, pencet hidungnya buat sementara sampai dia melepaskan gigitannya. Karena Han suka tidur sambil menggigit maka terpaksa saya pencet hidungnya dan tidak ada hitungan detik, lepas deh itu gigitan.

Sebetulnya dengan dia menggigit nipple bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran bagaimana cara berempati terhadap orang lain, dalam hal ini kepada ibunya. Kita bisa menjelaskan bahwa tindakannya adalah salah dan menyebabkan payudara ibunya sakit. Tapi itu kalau dia pas lagi melek, kalau menggigitnya sambil tertidur? Ada yang mengatakan saat bayi tertidur kita bisa memasukkan sugesti-sugesti positif kepadanya. Makanya sekalipun tertidur, tetap perlu dikomunikasikan pada sang bayi. Lha wong pas tidur aja dia masih bisa tertawa terpingkal-pingkal karena saya bersin kok. Berarti kan suara-suar di luar juga bisa masuk ke dalam alam bawah sadarnya.

Solusi untuk yang mengalami kasus mirip-mirip Han yang menggigit nipple saat tertidur adalah dengan mengelus-elus rambutnya kala tertidur. Buat dia merasa nyaman dengan lingkungan sekitar. Saya sih biasanya selalu standby bawa kipas ke tempat tidur. But feeling is never false, kalau dia gelisah dalam tidur pastikan saja kita mendekap hangat dan mengelus-elus dahinya karena dengan cara seperti itu sama saja kita mengatakan, “Jangan takut Nak, Ibu di sini”.

comments

8 komentar:

  1. gak kebayang gimana sakit dan perihnya kalo digigit Mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi anak cowok sukanya "ngodhot-odhot" ya Mbak..

      Hapus
  2. wah jadi nambah ilmu nie mbak bsk kalo dah dianugerahi momongan hehe.... thanks mbak Rani hehe...

    BalasHapus
  3. aku kebayangnya ampe meringis, sakit lecet ga ya mb huhyuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dibayangin tapi dinikmati. Masa-masa menyusui itu cuma sebentar lho. Kalaupun lecet kita olesi asi pada nipple nanti sembuh sendirinya kok

      Hapus
    2. Rasanya psrih-perih gimana gitu hihihi...

      Hapus
    3. Rasanya psrih-perih gimana gitu hihihi...

      Hapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya