Sabtu, 13 Februari 2016

Asal-Usul Shio yang Ciong (Sial) Tahun Monyet

Shio yang Ciong Tahun Monyet

Berdasarkan perhitungan kalender China, 2016 disebut juga sebagai tahun monyet dengan unsur api. Lalu apa arti Tahun Monyet Api 2016 dan hal apa saja yang harus diperhatikan dan dijaga di Tahun Monyet Api? Menurut beberapa ahli feng shui banyak yang mengatakan beberapa shio berikut harus memiliki kewaspadaan yang tinggi dalam menghadapi tahun ini. Bukan ciong (sial) ya, tapi cuma mawas diri dan berhati-hati tahun ini. Sementara uraian dari Koh Uye disadur dari okezone[dot]com, shio yang perlu mawas diri tahun ini yaitu di antaranya

  1. Shio Monyet dengan usia 37 dan 49 tahun untuk laki-laki
  2. Shio Ular dengan usia 40 dan 76 tahun untuk laki-laki dan perempuan
  3. Shio Macan dengan usia 19 dan 43 tahun untuk laki-laki dan perempuan
  4. Shio Babi dengan usia 34 dan 58 tahun untuk laki-laki dan perempuan.

"Usaha, bisnis, apapun tahun ini baik. Semua harus dilakuin dengan niat dan harus jaga omongan dan sikap, karena jika salah-salah hasilnya akan panas (Api)," terangnya.


Disclaimer
Tulisan ini bukan sebagai bentuk ramalan karena penulis bukanlah seorang suhu ataupun ahli fengshui karena penulis hanya pengamat binatang #eh

Menjadi pertanyaan saya selama bertahun-tahun, kenapa setiap Imlek atau Pergantian Tahun Baru Cina selalu ada ramalan mengenai peruntungan ataupun kesialan tentang shio apa saja yang selaras ataupun bertentangan dengan shio tahun ini, yaitu shio Monyet dengan elemen api.

Shio Monyet dengan Sifat Dasar Monyet

Monyet binatang yang tidak pernah diam selama hidupnya, selalu aktif mencari makan. Sekalipun tidak sedang mencari makan dia tetap sibuk melakukan aktivitas bersama rekan-rekannya. Binatang yang selalu berkelompok dan setia pada kawan-kawannya.

Soal kepintarannya jangan diragukan lagi. Banyak penelitian membuktikan monyet adalah binatang yang tergolong cerdas.

Shio Ular dengan Sifat KeULARannya


Ular pada dasarnya adalah binatang yang tenang, dia tidak akan bergerak kecuali terganggu ataupun memang sedang mencari mangsa. Selain itu bentuk fisik ular yang kita ketahui berbentuk anggun dan licin menjadikan ular binatang yang lihai dan memiliki akal bulus sehingga dengan akal bulusnya secara tidak langsung membuat ular memiliki sifat arif dan bijaksana. Meskipun dia tidak akan bergerak kecuali terdorong dua hal tadi, tapi sekali bergerak dia langsung bekerja secara gesit. Tipe pekerja yang bersemangat dan kompak. Sayang pergerakannya justru jarang terjadi dan sekali sudah dapat mangsa kebanyakan ular akan tertidur pulas sampai waktu makan berikutnya.

Mengapa shio ular bertentangan dengan shio monyet?

Shio Monyet yang cerdik akan membuat Shio Ular sering merasa mengalami tekanan batin akibat tipu muslihat dan akal bulus Shio Monyet.

Shio Macan dengan Sifat Macannya


Macan sering terlihat jarang (malas bergerak) kecuali sedang memburu mangsa. Lebih sering berkelompok dan tidak jarang juga bergerak sendiri. Makanya shio macan mampu bekerja sama dalam tim maupun bekerja sendirian. Pergerakannya cepat (agresif), energik dan ambisius.

Macan sebagai binatang buas terkenal karena kegarangannya, aungannya yang keras mampu membuat hewan-hewan lain bergidik ngeri. Makanya macan sering kita lihat sebagai perangai yang gemar berdebat dan jarang mau menghargai penilaian orang lain.

Alasan Shio Macan Bertentangan dengan Shio Monyet?

Shio Monyet adalah sosok yang cukup misterius dan sukar ditebak bagi Shio Macan. Shio monyet yang tampak petakilan (begajulan) tidak pernah jemu menggoda Shio Macan sehingga Shio Macan akan hilang kesabaran dan frustrasi sendiri. 

Shio Macan juga selalu menghindar karena tidak ingin menjadi bulan-bulanan dan kejahilan Shio Monyet. Memang sudah penyakit turunan, yaitu Shio Monyet sangat bernafsu untuk mengusili Shio Macan.

Shio Babi dari Sifat Dasar Babi


Babi kalau kita lihat dari fisiknya yang putih dan gempal dengan bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya membuat babi terlihat sangat polos dan sederhana. Karena kepolosannya maka babi cenderung bertingkah sangat ramah dan jujur.

Babi sendiri sering dijadikan sebagai lambang kemakmuran dan kekayaan karena sepanjang hidupnya babi tidak pernah berhenti mencari makan.

Alasan Shio Babi Bertentangan dengan Shio Monyet

Kepolosan babi menjadikan Shio babi sulit berdekatan dengan shio monyet karena monyet sendiri memiliki akal bulus yang lihai.

Semoga saja babi ngepet juga ciong tahun ini karena bagaimanapun mencuri itu tidak diperbolehkan ya dalam agama apapun.

Yang sialnya lagi, yang disebutkan di atas merupakan shio saya dan suami -___-

Bukan sebagai titik acuan juga bahwa kami akan berada di titik terbawah tapi malah menjadikan sebagai pemacu kami untuk lebih bekerja keras lagi karena kami memliki tanggungan yang butuh makan juga diapers. Toh acuannya bukan hanya dilihat dari tahunan tapi juga shio harian. Akan saya bahas lain kali.

Sebagai muslim bukan berarti saya percaya ramalan di atas tapi setidaknya karena sudah merasa terpanggil di atas ya jadinya mau tidak mau harus lebih beware lagi. Ramalan bukan untuk dipercayai apalagi dianut karena kepercayaan kita hanya Kepada Yang Maha Kuasa.

Sesuatu belum terjadi adalah nasib,
Sedangkan nasib yang sudah terjadi adalah takdir.

Suratan nasib yang bisa diubah salah satunya adalah rejeki, jika tahun ini dinasibkan untuk bersusah payah dulu maka kita wajib berusaha untuk merubahnya  karena rejeki merupakan nasib yang bisa diubah  bagi hambanya yang mau berusaha.

Hanya saja..

Karena tidak ada salahnya berjaga-jaga, lebih baik tahun ini  melakukan segala sesuatunya baik usaha ataupun bisnis dengan niat yang baik, dan menjaga perkataan  juga sikap, karena jika salah  maka hasilnya akan panas (Api).

Demikian Asal-Usul Shio yang Ciong (Sial) Tahun Monyet.

Salam

comments

3 komentar:

  1. Jadi, shio itu dilihatatau diukur dari umur berapa kita saat ini begitu ya? Aku kurang suka sama zodiak dan shio, gak percaya gitu gitu an hehehehe. Btw bagaimana dengan shio naga tikus ular kuda

    BalasHapus
    Balasan
    1. shio itu dilihat dari tahun kelahiran mbak.. kalau mau menghitung peruntungan juga harus dilihat dari jam kelahiran juga :D
      shio naga - tikus - ular - kuda.. wah nanti tak lihat pergerakan hewan-hewan tersebut terhadap monyet :D

      Hapus
  2. Tahun ini shio monyet api. Tahun lalu shio dan unsurnya apa ya mak? Lupa saya hehe saya tertarik dengan kearifan perhitungan chinese meskipun saya orang Bali. Otang Bali juga sama punya perhitungan dan unsur sendiri. Setiap tahun ada sifat dan perhitungan utk musim tanam juga yang mayoritas masyarakat Bali itu bercocok tanam. Untuk watak manusia juga memiliki pengaruh sesuai kelahirannya

    BalasHapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya