Senin, 29 Februari 2016

Review Xiaomi Redmi Note 2

Resolusi 2016 ini akhirnya tercapai juga, walaupun hutang juga di awal tapi yang penting tercapai duluan soalnya keburu terpakai buat yang lain dan masalah membayar hutang belum terlaksana juga karena belum dapat arisan juga sampai artikel ini dirilis. #abaikan anyway.


Jadi karena awalnya mau bikin gaya-gayaan ikutan GAnya Pakdhe Cholik yang bertema stand up comedy on the blog jadinya membuat saya ngutang dulu buat beli smartphone sebagai sarana merekam video. Baru kali ini lho ada orang ngutang tapi bangga.


Sebetulnya bisa saja sih pinjam kameranya adik buat merekam video tapi rasanya lebih sreg dan semangat kalau punya sendiri, iya kan? Hihi. Setelah mengutak-atik sekian lama, akhirnya jadilah vloging yang pertama plus jadi tahu kelemahan dan kelebihan Xiaomi Redmi Note 2. Belinya juga modal nekat buka-buka Lazada pas pagi dini hari, eh lha kok diskonnya selisih lumayan dibanding pada waktu siang hari. Langsung order dan siangnya langsung ditelepon sama penjualnya untuk memberitahukan ketersediaan barang (karena yang warna hitam sudah sold out jadi ditawari warna putih). Alhamdulillah barang mendarat dengan selamat dan ASLI. Tadinya mau ngereview di sana tapi waktu diklik sudah tidak muncul, mungkin sudah tidak dijual lagi. Okey baiklah jadi saya review di sini saja. Lumayan buat nambah bahan postingan, syukur-syukur kalau nambah trafik. HaHaHa.


Review Xiaomi Redmi Note 2

Review Xiaomi Redmi Note2


Spesifikasi

spesifikasi xiaomi redmi note 2
Source : gsm-arena.com


Dalam Kotak Penjualan

Xiaomi Redmi Note 2 on box
abaikan tangan yg menyerupai kepiting di layar ponsel

Isi dalam kotak penjualan Xiaomi Redmi Note 2 ini terdiri dari :

Phablet Xiaomi Redmi Note 2
Adaptor
Kabel USB
Buku Panduan
Kartu Garansi Distributor

No earphone ya. Sudah dicari tapi memang tidak masuk ke dalam kotak dosbook. Tapi ya berhubung jarang pakai earphone ya tidak masalah sih ya.

Loading Cepat 

Biasanya Baby Han paling tidak sabar kalau phablet baru dinyalakan karena ingin segera menonton video Pororo yang saya simpan di micro SD dan tidak perlu waktu lama untuk segera memutar video tersebut segera setelah phablet nyala. Tidak heran ya kalau proses loadingnya tergolong cepat untuk membuka aplikasi-aplikasi di dalamnya karena Xiaomi Redmi Note 2 ini menggunakan chipset Media Tek Helio X10 yang menggunakan prosesor Okta-core 64-bit. Helio X10 memiliki performa lebih cepat karena memiliki clockspeed hingga 2,2 GHz.

about Xiaomi Redmi Note2

Dan yang ditunggu penggemar android lainnya, Xiaomi Redmi Note 2 menggunakan sistem operasi Android Lolipop 5.0 juga menggunakan MIUI 7 (update by user manual), sayang saya kurang paham mengenai MIUI ini cuma sedikit sepengetahuan saya MIUI 7 ini memperbarui sistem adanya penambahan fitur anak, cuma belum saya gunakan karena Baby Han taunya cuma muter video ataupun foto. Juga konon kalau upgrade akan tersedia 5 tema. Sebelum ugrade pastikan dulu koneksi internet Anda stabil ya.

Fitur Dual Sim dan 4G LTE

slot Micro SD Xiaomi Redmi Note 2

Seperti smartphone kebanyakan sudah mengusung dual sim dan slot micro SD up to 32GB. Sebetulnya Xiaomi Redmi Note 2 ini sudah dilengkapi dengan jaringan 4G LTE sayangnya dari pihak penjualnya sendiri kemarin menuliskan hanya mampu menangkap provider Smartfren dan Bolt. Kenyataannya smartfren tidak dapat ditangkap sinyalnya padahal jika dicek di area sudah tercover 4G tapi karena sinyal 4G smartfren ada 2 frekuensi, sementara di Kab Kudus tidak mampu menangkap sinyal smartfren yang berfrekuensi 2300 jadinya kalau kita pasang kartu smartfren 4G cuma ada tulisannya panggilan darurat. 

Selain itu ada juga yang mengatakan juga bisa menangkap telkomsel dan XL. Sementara kartu saya yang saya paketkan adalah milik Indosat dan karena kemarin di galeri Indosat pas minta ganti SIM CARD karena salah potong (padahal lupa minta ganti yang support 4G) tapi ternyata dikasih yang sudah support 4G, Xiaomi Redmi Note 2 ini sudah dapat menangkap sinyal 4Gnya. Horeee..

Besok mau coba saya ganti telkomsel atau XL. Baik slot SIM Card 1 ataupun 2 sama-sama sudah menangkap sinyal H+ bahkan 4G. 

Khusus buat sinyal 4G, kalau di perangkatmu belum terdapat pilihan LTE nih ya ubah dulu lokasimu ganti di Hongkong. Jangan di Indonesia. Makanya banyak-banyakin baca blog, jangan belum apa-apa sudah bilang “Saya tidak tanggung jawab lho Pak kalau tidak bisa menangkap sinyal 4G,” apalagi belinya di gerai pula. Apalagi sampai mendadak bilang Xiaomi Redmi Note 2 harus diroot dulu biar menangkap sinyal 4G. Bilang saja kalau frekuensi sinyalnya kurang tinggi #eh

Alangkah baiknya sebelum memutuskan pakai provider mana, cek dulu sinyal 4G di websitenya.

Untuk smartfren di sini : http://www.smartfren.com/4g/web/coverage 
Untuk indosat di sini : http://coverage.indosat.com/ 

Baterai Besar dengan Fitur Fast Charge

Untuk pemakaian normal baterai termasuk awet walaupun menggunakan jaringan 3G bahkan 4G sekalipun. Selama satu jam proses recharge sudah mendapatkan baterai 60% sedangkan untuk posisi penuh diperlukan waktu recharge selama 2 jam.

Kamera Canggih untuk Smartphone Sekelasnya

Apalah emak-emak ini belum puas kalau belum berhasil selfie dengan anaknya, dan phablet Xiaomi Redmi Note 2 ini sudah mampu menjawab rasa penasaran mamak-mamak muda ini #tsaah. Kamera depannya sudah dikantongi dengan 5MP dengan apperture f/2.0 dan 720p. Karena kurang paham masalah kamera jadi skip aja ya.

Ada fitur untuk mempercantik tampilan selfie, sayangnya fitur ini dilengkapi dengan mengidentifikasi jenis kelamin serta usia -__- yang jelas saya bukan pria seperti yang digambarkan oleh xiaomi redmi note 2. Jadi tidak usah instal aplikasi camera 360 dan kebetulan belum pernah pakai jadi instal pun nggak mudeng cara memakainya. HaHaHa. Berikut hasil foto selfie dengan fitur pemercantik.

Untuk kamera belakang lebih wow lagi dengan kameranya 13 MP dilengkapi fitur autofocus, apperture f/2.2 dan LED flash. Jadi kalau Baby Han berlari ke sana ke sini siap deh mengambil pose terbaiknya. Sebentar lagi siap mengambil gambar langkah pertamanya berjalan sendiri. Selain itu ada fitur mode kamera manualnya yang memungkinkan kita mengatur sendiri ISOnya. Ah saya yang gaptek aja easy kok menggunakannya apalagi kamu yang lebih ahli ;)

Penyimpanan Super Besar

Xiaomi Redmi Note 2 ini sudah dibekali RAM 2GB juga memori internal 16GB. Dengan pemakaian aplikasi normal sisa RAM tertinggal sisa 1GB saja.

Dengan memori internalnya yang 16GB, Xiaomi Redmi Note 2 sudah mendukung fitur USB OTG (On The Go) yang memungkinkan kita memindah foto, musik atau video ke flashdisk / hardisk eksternal, cuma untuk kabel USB OTG ini kita harus menyediakan sendiri.

Aplikasi Bawaan Multiasking

Beberapa aplikasi yang biasanya saya download secara manual tidak perlu lagi didownload melalui google play store, karena sudah tersedia secara otomatis di phablet Xiaomi Redmi Note 2. Seringnya aplikasi bawaan di smartphone jarang yang terpakai oleh usernya tapi bisa dikatakan 99% aplikasi bawaan pabrik phablet Xiaomi Redmi Note 2 ini berguna buat saya. Aplikasi bawaan yang saya gemari untuk keperluan mobile saya adalah sebagai berikut.

Fitur Pembersih Otomatis
Setiap beberapa pemakaian mobile, ada saja cache atau cookies yang secara tidak sengaja tersimpan dalam phablet misal gambar yang diposting di grup WA/BBM, fitur ini membersihkan otomatis cache-cache tersebut. Yes I liked a lot.

Security Mobile
Jarang terpakai tapi sangat diperlukan buat kita yang sering BW ataupun membaca artikel-artikel dalam browser. Browser bawaan Xiaomi Redmi Note 2 sudah tersedia 2, browser biasa dan google chrome.

Remote
Tidak disangka saja Xiaomi Redmi Note 2 ada fitur pengendali remote AC ataupun TV maupun perangkat listrik lainnya. Kita tinggal menambahkan aplikasi sesuai merk perangkat listrik tersebut. Wah tidak kalah sama Oppo Mirror 5 nih.

Scanner
Scanning barcode diperlukan kala aplikasi meminta scanning manual dari smartphone.

Compass
Percaya atau tidak, saya yang sering mencari alternatif jalan tikus ataupun pergi ke rumah teman hanya dengan ancer-ancer ngalor ngidul terus balik kanan belok ngetan (ke selatan – utara terus balik kanan belok ke timur) bisa selamat di jalan dengan menggunakan kompas dan phablet Xiaomi Redmi Note 2 menjawabnya.

Minus Xiaomi Redmi Note 2


Garansi Resmi Distributor
Meskipun sudah dijual bebas di pasaran Indonesia, xiaomi redmi note 2 hanya disediakan garansi resmi distributor selama 1 tahun saja. Well dengan pemakaian normal (tidak dibanting-banting atau mudah terjatuh) pemakaian Xiaomi Redmi Note 2 insya Allah tidak ada kerusakan.

Layar Belum Dilengkapi Gorilla Glass
Drama seorang mamah yang baru punya anak batita yang sangat doyan ikutan pegang phablet lalu ikutan mengetuk-ngetuk layar kala jengkel sama mamahnya pasti akan kebingungan kalau layar sampai tergores. Xiaomi Redmi Note 2 ini belum mampu menjawab tantangan tersebut. Sebagai pelindung harus kita sisipkan lagi, bukan cuma screenguard tapi kudu minta yang tempered glass kalau tidak ingin layar kita digores sama kuku-kuku kecil nan tak berdosa itu.

Masih Memakai Material Plastik
Tidak usah muluk-muluk dengan harga yang tergolong murah untuk phablet sekelasnya, Xiaomi Redmi Note 2 masih menggunakan material plastik seperti kakak-kakak seniornya. Hanya saja sekarang lebih tipis sehingga lebih ringan untuk digenggam bahkan saking ringannya dapat digunakan baby Han sebagai alat latihan tolak peluru -___-

Adaptor Charge
Yes, kalau kamu membeli phablet Xiaomi Redmi Note 2 ini, adaptor chargenya berbentuk khusus jadi lagi-lagi kamu harus membeli adaptor listrik tambahan.

USB Penambatan Tidak Berjalan
Disediakan kabel data berharap fitur ini bisa dipakai, sayang pemakaian hanya bisa saat pertama kali menancapkan kabel data ke PC, begitu keesokan harinya sudah tidak mampu lagi.

Begitu dulu review kali ini, kalau ada yang mau ditambahkan sok atuh ditulis di kolom komentar, bisa komentar juga lewat facebook lho! Mau lanjut oprek aplikasi yang lain nih.
comments

14 komentar:

  1. toss mbak Ran saya sih juga udah pake gadget ini sejak setahun yang lalu....hehehe lumayan deh daripada enggak ada gadget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting kan nggak gampang nge-lag kan ya mbak

      Hapus
  2. Itu di paket penjualan dapat sapu tangan juga mba?

    BalasHapus
  3. Ramnya besar juga ya 2gb. Oya..masih gagal paham knp utk 4G mesti diubah ke Hongkong dulu lokasinya? Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lumayan cukup besar, dipakai buat aplikasi yang standar sisa 1GB. Entah kenapa WA dan BBM selalu memakan tempat yg banyak ya.

      Kalau lokasi aku juga bingung tuh, mungkin karena providernya asli dari HK ya :D :D

      Hapus
  4. Xiaomi ini bagus, tapi sayangnya belum ada service center di sini ya mbak? Jadi kalau ada kendala agak ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kayaknya hampir semua xiaomi bergaransi distributor

      Hapus
  5. semepet masuk list waktu hp kecopetan, tp ternyata gak support utk eksternal memory jd batal deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. eksternal memory sama micro SD bedakah Mbak Ophi? Kalau cuma micro SD ada kok Mbak Ophi :)

      Hapus
  6. hihihi ada penampakan tangan ya mbak . aku belum pernah pakai redmi, boleh juga speknya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Lia, saya juga dari hasil rekomendasi atasan dan banyak yg bilang kameranya bagus. Memang sudah terbukti Mbak.

      Hapus
  7. Boleh juga nih handset, bisa diandelin :-) Tapi udah discotinue ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Fakhruddin, masih banyak yg jual kok tapi soal produksi saya belum dihubungi dari pabriknya langsung hihihi

      Hapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya