Senin, 07 Maret 2016

Kenalan Yuk sama KB Kalender (Pantang Berkala)

Dilema orang berumah tangga adalah sesegera melakukan KB setelah melahirkan anak pertama guna mendukung program pemerintah juga untuk membantu perekonomian rumah tangga sendiri. Kecuali bila sudah mempunyai perusahaan sendiri, mobilnya minimal ada dua, anak yang besar ada yang mengurusi sendiri mungkin punya anak lebih dari tiga tidak masalah tapi bagi masyarakat perekonomian menengah ke bawah atau sudah kerepotan sendiri dengan anak pertama, buat saya pribadi lebih baik menunda anak demi kenyamanan anak-anak juga. Belum lagi yang kelahiran anak pertama karena sectio caesar (secar), dan ingin melahirkan anak kedua secara normal lebih baik menunda kelahiran berikutnya beberapa tahun setelahnya.

Keluarga Berencana (KB) adalah gerakan membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran. KB yang termudah dan terpraktis yang sering ditemui di masyarakat adalah menggunakan pil KB, suntik KB 1 bulan, suntik KB 3 bulan, spiral, IUD dan kondom. Ada pula yang menggunakan tubektomi (melalui proses operasi) dan walik dadah (cara tradisional).


Beberapa alasan klasik saya enggan menggunakan KB suntik ataupun KB pil di antaranya adalah


Saya masih menyusui


Ketika masa-masa menyusui, saya menghindari yang namanya obat-obatan apalagi obat-obatan yang dijual bebas. Termasuk obat kontrasepsi. Memang ada juga obat kontrasepsi yang aman untuk ibu menyusui tapi saya tetap tidak mau menggunakannya karena yang pertama saya takut disuntik haha. Lalu yang kedua saya sering lupa kalau minum pil. Jadinya absen buat KB suntik ataupun KB pil.

Takut disuntik


Haha ini mah alasan drama aja ya, dulu jaman sekolah dasar di Bandung ketika vaksin hepatitis B hampir dilakukan tiap tahun saya paling berani kalau disuntik maju tapi entah kenapa setelah berpuluh-puluh tahun saya jadi takut disuntik lagi. Sayangnya kelakuan yang takut disuntik ini sepertinya dihapali benar sama obgyn, belum melahirkan sudah ditakut-takuti bahwa melahirkan akan lebih menyakitkan daripada sekedar disuntik. Tapi yes, saya juga melahirkan sama takutnya seperti takut sama jarum suntik.

Lupa Rutinitas Minum Pil


Well dari awal menikah sampai sekarang, saya memang belum pernah mengkonsumsi pil KB. Jaman dulu sempat kepikiran untuk memancing anak katanya pakai pil KB. Lah boro-boro minum pil KB, vitamin yang dari obgyn saja sering absen nggak keminum.

Berhubung alasan-alasan klasik di atas, saya menggunakan KB tradisional saja yaitu berupa KB Kalender (Pantang Berkala). KB Kalender adalah usaha mengatur kehamilan dengan menghindari hubungan badan selama masa subur wanita. Pada umumnya pembuahan terjadi hanya pada saat masa subur, atau lebih tepatnya 12-24 jam setelah puncak masa subur yaitu saat sel telur terlepas dari ovarium.

Meski KB kalender bukan termasuk metode yang dianjurkan karena sangat sulit menentukan kapan masa subur terjadi terutama pada wanita yang siklus mensnya tidak teratur. Untuk yang mengalami siklus menstruasi yang teratur (rentan waktu 28-35 hari) perkiraan masa subur adalah 14 hari SEBELUM haid yang akan datang BUKAN dihitung dari haid yang pertama. Bagaimana dengan wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur termasuk saya.

Cara lain untuk menentukan masa subur adalah terdapatnya lendir dari vagina yang bening dan dapat membenang sepanjang minimal 7 cm. Caranya, masukkan jari Ibu ke dalam vagina, kemudian lendir yang terdapat di jari telunjuk ditempelkan dengan ibu jari dan diregangkan. Bila lendir tersebut bisa membentang sepanjang minimal 7 cm, maka hari itu adalah perkiraan masa subur selama 24 jam.  

Sebetulnya ada cara lain untuk mengetahui masa subur dengan siklus menstuasi tidak teratur yaitu dengan mengunduh aplikasi Periode Kalender di smartphone kita masing-masing. Bisa kita download langsung di google playstore atau di appstore

Kita bisa tahu kapan masa menstruasi, masa subur dan ovulasi kita berikutnya. Kalender Menstruasi, melacak mensturasi, siklus, dan ovulasi serta kemungkinan terjadinya kehamilan, pelacak mensturasi bagi wanita yang menantikan kehamilan, atau bahkan menghindari kehamilan.

Periode Kalender

Berikut catatan dari aplikasinya.

Pelacak Menstruasi untuk haid yang tidak teratur maupun teratur. Dapat melacak kemungkinan kehamilan setiap hari, lendir serviks, BMI, hubungan intim, berat badan, suhu, gejala atau suasana hati, seperti buku harian menstruasi pribadi Anda, membantu Anda untuk tetap bugar, menurunkan berat badan, dan tetap sehat.

★Memprediksi siklus haid, periode menstruasi dan ovulasi
★Pemberitahuan untuk periode, kesuburan dan ovulasi
★Pil pengingat (pil kontrasepsi, cincin, Patch dan injeksi)
★Periksa kehamilan kesempatan setiap hari
★Memiliki 43 gejala dan 64 emosi untuk dipilih
★Grafik berat badan dan temperatur
★Perlindungan keamanan & PIN
★Data Akun Google backup dan Restorasi;
★Menyimpan kembali data penelusuran dari kartu memori dan email
★Mode kehamilan ketika Anda hamil atau selesai masa kehamilan
★Mendukung untuk penggunaan dengan banyak akun
★Forum

Komplit mirip seperti buku harian kita. Caranya cukup mudah hanya masuk lalu memasukkan tanggal haid pertama kita, akan lebih baik kalau catatannya dari 3 bulan terakhir atau bahkan lebih. Masukkan juga selang waktu menstruasi kita. Klik di Edit Periode tepat di atas Bunny/Cat. Biasanya periode kalender akan lebih mendeteksi jika kita masukkan 6 periode masa menstruasi, jadi meskipun rentang menstruasi kita tidak teratur akan dihitungkan rata-rata masa menstruasi kita sekaligus masa periode kesuburannya.

Kita juga bisa menyisipkan emotion suasana hati kita lho. Mirip buku diary ya, beneran deh.

source : google playstore

Jangan lupa demi keamanan dibackup data-data di atas dengan menggunakan akun google yang kita punya. Kita bisa menyimpannya di google drive, gmail, atau bahkan micro SD. Jadi jika sewaktu-waktu kita ganti HP, kita bisa memulihkan data-data tersebut dengan menggunakan akun di atas atau data yang ada di micro SD. Kalau saran saya sih lebih enak menggunakan gmail.



Saya juga menggunakan periode kalender ini sejak awal merencanakan program hamil dan alhamdulillah Tahun 2014 saya bertemu masa subur saya dan langsung klik. Hmm..

Selain masa subur, perhatikan juga kesehatan dan tingkat kesetresan kita ya. Jangan sampai merencanakan hamil tapi masib banyak pikiran. Rileks dan tenang. Pasrahkan semuanya pada Allah SWT.

Bahkan saat hamil pun, aplikasi ini bisa dipakai juga untuk mengkover segala kondisi kita saat hamil, meskipun cuma berat badan dan suhu badan, tapi HPHT kita akan selalu tampak di layar utama, atau mau menampilkan usia kandungan juga bisa, atau kalau mau lagi kita bisa menampilkan hari H kelahiran calon buah hati kita.

Komplit kan? Aplikasi ini tidak membutuhkan android versi tinggi, bahkan setingkat ginggerbread juga sudah bisa memakai aplikasi ini. Bagaimana? Tertarik untuk memasang juga?

Source :
https://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga_Berencana
http://www.tabloid-nakita.com/read/4815/mengenal-kb-kalender-pantang-berkala
http://akubaiq.blogspot.co.id/2012/05/cara-mudah-ber-kb-dengan-kb-kalender.html
http://www.kompasiana.com/bidancare/cara-ber-kb-dengan-sistem-kalender_55000b22813311501afa702e


comments

10 komentar:

  1. kalo saya pake KB implan 3 tahun Mbak dan alhamdulillah cocok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cocok-cocokan memang mbak, implan saya juga gak berani pasang Mbak Ira :D

      Hapus
  2. Saya memilih untuk tidak menggunakan KB karena beberapa alasan, unuk kelahiran... Dibicarakan sama suami :D, jadi gak pernah kepikiran buat dunlid aplikasi hehehe.. Salam kenallll

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi ini juga bagus buat program hamil kok mbak Husnul ;)

      Hapus
  3. Ih.. Keren baru tau ada aplikasi buat masa subur

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada Mbak Yurmawita, tinggal download terus diisi

      Hapus
  4. Ih.. Keren baru tau ada aplikasi buat masa subur

    BalasHapus
  5. Wwaahh, ada aplikasi gini yah. Dulu jaman ngebet punya anak ngitungnya manual hahahaha. Thanks infonya Mbak! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak aku dulu Mbak tapi karena mensnya nggak teratur coba pake kalender ini dan Alhamdulillah "jadi" hehe

      Hapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya