Kamis, 23 Juni 2016

Tips Mencegah Kembung Saat Berpuasa

Alhamdulillah tidak terasa puasa sudah berjalan setengah bulan. Sudah mulai terbiasa pula mengikuti pola tidur selama puasa yang berkurang dari jam biasanya. Minggu-minggu pertama puasa, saya masih kagok dengan ritme pola tidur sehingga badan jadi cepat lemas karena kurang beristirahat. Siang buat tidur? Mana bisa lah, justru saat siang itu saya baru pulang kerja. Jadi makin nggak sempat deh buat beristirahat. Parahnya selain pola tidur yang berubah, ada juga kendala saat awal-awal berpuasa yaitu perut kembung selama menjalankan ibadah puasa. 

Begah mirip orang baru ngidam, pengen muntah tapi tidak ada yang dimuntahkan. Punggung terasa nyeri tidak karu-karuan. Hampir setiap tahun selama awal-awal berpuasa begitu, walaupun ke belakangnya sudah tidak lagi.

Tetapi saya punya tips (sedikit absurb) untuk mencegah kembung saat berpuasa, yaitu


1. Minum 💊 obat anti masuk angin saat sahur.


Selama berpuasa perut kita akan kosong selama 13 jam (waktu berpuasa di Indonesia), otomatis lambung kita juga kosong sehingga angin mudah masuk termasuk ke dalam lambung.

Minggu pertama berpuasa saya rutin meminum obat anti masuk angin saat sahur. Saat berbuka saya tidak meminumnya tetapi diganti minuman bersuplemen atau vitamin agar tetap fit selama Bulan Ramadan.

2. Utamakan air hangat dulu saat berbuka puasa.


Nah karena minum obat anti masuk anginnya saat sahur, maka saat berbuka saya usahakan untuk meminum air hangat dulu daripada es.

Air hangat membantu melancarkan kinerja tubuh dan terasa menyegarkan terutama bagi yang mengidap masalah pencernaan.

3. Hindari teh agar tidak bertambah mual.


Teh mengandung kafein yang lebih rendah daripada kopi, tetapi bagi yang mengalami masalah dengan lambung teh akan tetap menimbulkan sedikit masalah. Jikapun saya sedang ingin menikmati secangkir teh, saya mengusahakan untuk meminumnya selagi hangat cenderung ke panas. Tidak jarang juga saya tambahkan sedikit milk (susu) ke dalam teh tersebut.

4. Gunakan koyo hangat di bagian perut dekat ulu hati


Saya sering nyeri di bagian ulu hati, lebih terasa nyeri ketika sedang lapar termasuk saat berpuasa ini. Untuk mencegah agar tidak semakin nyeri, saya pakaikan koyo hangat tepat di tengah-tengah perut atas atau di bawah rongga dada persis. Alhamdulillah, nyerinya sedikit berkurang juga sesekali bersendawa mengeluarkan angin yang menimbulkan perut begah.

5. Gunakan korset.


Menggunakan korset di perut jika koyo masih kurang ampuh mencegah perut kembung saat berpuasa juga sedikit mengurangi rasa eneg di perut. Kebetulan setelah melahirkan saya rutin menggunakan korset selama 2 bulan penuh saat itu, berkat tips dari sepupu saya yang juga melahirkan secara sectio agar menggunakan korset karena bekas jahitan itu mudah terserang angin sehingga menjadikan si Ibu jadi mual-mual ketika tidak sedang menggunakan korset.

Jadi korset ini saya gunakan kembali ketika berpuasa.

Tips Mencegah Kembung Saat Berpuasa


Itulah sedikit tips untuk mencegah perut kembung saat berpuasa. Semoga amal ibadah kita selama puasa ini diterima oleh Allah dan dilipatgandakan pahala kita. Aamiin. 

Selamat berpuasa kembali.

comments

17 komentar:

  1. eh itu beneran korset :O aku baru tahu xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener korset, yang pasaran biasanya kan warna hitam.

      Hapus
  2. Iya bener, kadang suka kembung. Hiks hiks. Maaksi tipsnya ya Maaaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kira yg sering kembung aku seorang.. sama-sama Mak, terima kasih sudah mampir

      Hapus
  3. Kalau bumil macam aku yang ngga bisa puasa gini, bawannya mual terus. Laper mual, kekenyangan mual. Tips di atas aku terapin juga kecuali nomor 1 dan 3 mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah bumil memang sebaiknya jangan minum obat sembarangan ya Mak, kan ada keringanan juga buat bumil..^^

      Hapus
  4. Pantesan qu suka kembung wong buka puasa langsung hajar es campur wkwkwk...thx u infonya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. es memang menyegarkan kan ya Mbak Herva

      Hapus
  5. kagak absurb ah... Cuman rada antik buat tips pake korset :) Kl yg lainnya mah bener banget... apalagi yg air panas... Banyakan orang senengnya minum yg dingin2 dan makan gorengan kan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi termasuk aku juga kadang-kadang mbak

      Hapus
  6. Aku baru tau kalo korset bisa mengatasi kembung, besok mau coba ah. Soalnya aku mengalami kembung parah nih pas puasa. Pas buka justru minum teh hangat, memang keluar anginnya sih. Trus dikasih makan tapi malah tambah mual banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikasih sela dulu Mbak setelah minum teh hangat, baru deh kita makan.

      Hapus
  7. Jyah aku malah hobi ngeteh mb ran
    Ngeteh panas tapie

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau panas kan nggak apa-apa kan ya..

      Hapus
  8. Oalah baru tau kalau teh malah bikin mual.. kirain malah meredakan perut kembung,, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ada juga yg kuat Mbak kalau minum teh, beda orang beda kondisi juga

      Hapus
  9. Semua informasi yang di sajikan sangat menarik, saran dari kami postingannya lebih diperbanyak lagi, terima kasih..

    BalasHapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya