Selasa, 02 Agustus 2016

Bermain Mencari Harta Karun dengan Magnet Bersama BMD dari Morinaga Chil*Go!

“Setiap anak punya kecerdasan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Jangan disamakan dengan tolak ukur yang sama, yaitu membaca” – Anies Baswesdan.

Memang menilik perkataan Bapak Anies Baswesdan, PR besar bagi kita para orang tua untuk menggali potensi yang dimiliki anak kita. Karena memang setiap anak sejatinya memiliki kecerdasan majemuk yang berbeda dengan temannya yang lain. Kita pun demikian sebetulnya hanya saja terkadang masih ada yang menggenalisir kepintaran anak hanya dilihat dari kacamata tertentu saja.

Untuk itu, kita perlu melihat bakat juga passion anak kita, bahkan kita bisa melihat potensi-potensi tersebut sedari bayi. Walaupun bisa saja suatu saat akan berkembang menjadi pribadi yang lebih kompleks lagi dengan kecerdasan yang lebih berkembang lagi.

Anak saya, Han saat ini berusia 20 bulan, yaitu 2 tahun kurang 4 bulan. Masih belum mahir berbicara namun senang sekali bermain dengan barang-barang yang di sekelilingnya. Tidak jarang juga saya ajak mainan dengan barang yang sudah ada. Saya mencoba mencari jenis kecerdasan apa saja yang berada dalam diri Han dengan mengikuti pertanyaan-pertanyaan yang ada di morinagamiplayplan.com


Menurut Prof Howard Gardner, (multiple Intelligence) kecerdasan majemuk terbagi menjadi 8 kecerdasan, yaitu di antaranya :

8 Macam Kecerdasan Majemuk

Kecerdasan Musikal, yaitu kecerdasan yang menekankan kemampuan memahami musik sebagai media untuk mengekspresikan diri. Biasanya ditunjukkan dengan ketertarikan pada musik dan senang mendengarkan lagu, cepat mengingat lirik lagu baik irama maupun liriknya, juga sangat peka terhadap suara yang ia dengar dari lingkungan sekitar.

Kecerdasan Linguistik, yaitu kecerdasan yang menekankan kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis. Seringkali ditunjukkan oleh ketertarikan si Kecil terhadap buku cerita, antusias ketika mendengarkan dongeng dan juga sering bertanya terhadap sesuatu hal atau bahkan bercerita terhadap orang lain.

Kecerdasan Kinestetik, yaitu kecerdasan yang menekankan pada penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri.

Kecerdasan Logika Matematika, yaitu kecerdasan untuk memahami kondisi atau situasi dengan menggunakan perhitungan matematis, serta melalui penalaran analisa-sintesa. Biasanya ditunjukkan oleh ketertarikan bermain puzzle, lego, atau timbangan barang.

Kecerdasan Visual Spasial, merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar dengan gambar-gambar, memahami bentuk, pola, posisi, dan ruang suatu objek, termasuk untuk berpikir secara kreatif. 

Kecerdasan Interpersonal, didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk bisa memahami orang lain, termasuk bagaimana perasaan mereka serta hal-hal apa yang memotivasi dan mengganggu mereka.

Kecerdasan Intrapersonal merupakan kecerdasan yang dimiliki seseorang untuk dapat memahami dan mengenali diri sendiri, dan 

Kecerdasan Naturalis merupakan kecerdasan dalam berpikir dan belajar yang berkaitan dengan pemahaman terhadap lingkungan sekitar kita seperti tanaman, binatang atau benda mati seperti air, batuan atau gejala alam seperti hujan atau panas, atau tentang ruang angkasa.

Hasilnya seperti dugaan saya, dia memiliki kecerdasan majemuk yang bermacam-macam tetapi yang paling menonjol 3 di antaranya adalah kecerdasan naturalis, kecerdasan logika matematika, dan kecerdasan visual spasial. Ya memang sedari bayi kami sudah sering mengajak Han untuk berinteraksi dengan binatang di sekitar rumah. Syukur-syukur bisa menyayangi hewan tersebut.

Jadi saya pikir ingin mengajak Han untuk membuat permainan mencari harta karun dengan magnet.
http://www.ranirtyas.com/2016/08/bermain-mencari-harta-karun-dengan-magnet.html


Permainan ini bisa diterapkan untuk anak berusia 1-6 tahun, dan diharapkan bisa menstimulasi kecerdasan LOGIKA MATEMATIKA dan kecerdasan NATURALIS. 

Dengan melakukan permainan magnet ini pada kecerdasan logika matematika diharapkan si kecil dapat mengetahui penyebab adanya gaya tarik-menarik antara magnet dan besi. Sedangkan untuk kecerdasan naturalis dengan membuat mainan pencarian harta karun oleh magnet ini, Si Kecil dapat belajar adanya medan magnetik di sekitar kita. Tentu saja dengan bimbingan kita sebagai orang tuanya. 

Alat dan bahan Yang diperlukan:

Botol kaca bekas pakai
Peniti / Besi Kecil
Beras / Kacang / Potongan Kertas
Magnet

http://www.ranirtyas.com/2016/08/bermain-mencari-harta-karun-dengan-magnet.html

Cara Membuat:

Masukkan beras beserta peniti ke dalam botol kaca dan tutup botol kaca tersebut.
Letakkan magnet di luar botol.
Biarkan si kecil berkreasi dengan magnet tersebut.

Cara Bermain:

Bunda dan Ayah bisa mendampingi Si Kecil pada saat memasukkan beras beserta peniti ke dalam botol kaca tersebut terlebih jika si kecil masih suka memasukkan sesuatu ke dalam mulut.

Bunda dan Ayah bisa mengarahkan Si Kecil untuk menggerakkan magnet di luar botol kaca agar dapat menarik peniti yang tersembunyi dalam timbunan beras.

Bunda dan Ayah bisa menjelaskan mengapa magnet tersebut dapat menarik peniti yang berada di dalam gelas kaca tersebut.

"Hehe, bisa ketarik gitu ya Mah," gumam Han

Nah semoga Han sekarang mengerti bahwa di dunia ini ada medan magnetik yang mampu menarik benda-benda yang terbuat dari besi lainnya. Tidak jarang juga dia menarik-narik tempelan kulkas yang terbuat dari magnet. Wah senangnya.. Okey, daripada ide ini mubadzir lebih baik sekalian saya ikutkan saja di program BMD. 

Bunda dan Ayah yang punya ide permainan kreatif juga bisa lho ikutan program BMD dari Morinaga Chil*Go! Soalnya saya kemarin habis mendapat tantangan dari Mbak Ria Miranda seorang Fashion Designer. Mother. Brand Ambassador Wardah Cosmetic and Molto White Musk untuk ikut serta dalam program BMD Morinaga Chil*Go!



Program BMD – Bekal Masa Depan dari Morinaga Chil*Go!


Han memang masih bayi, tetapi untuk langkah pendidikannya walaupun masih di luar jangkauan kepala, tetapi sedikit demi sedikit saya sudah mengajak suami untuk ikut memikirkannya juga. Apalagi melihat potensi yang dimilikinya, semoga Han berkesempatan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi daripada kami berdua. Sehingga harapannya nanti Han memiliki kehidupan yang lebih baik daripada kami saat ini. Makanya, walaupun sedikit tetapi saya berusaha menyisihkan uang tabungan pendidikan Han untuk disimpan tersendiri. 

Setelah Mbak Ria Miranda menyebutkan dalam tantangannya untuk mengikuti program BMD Morinaga Chil*Go! saya merasa tertantang juga untuk ikutan karena PT. Kalbe Nutritionals menyediakan hadiah berupa tabungan pendidikan yang nantinya akan berbentuk asuransi pendidikan melalui program BMD – Bekal Masa Depan. Selain itu kita juga dapat membesarkan anak yang multitalenta lewat ragam aktivitas simulasi. Jadi ide kreatif yang kita miliki bisa kita masukkan ke dalam Microsite BMD yang linknya bisa kita akses di www.BekalMasaDepan.com.

Periode program ini hanya berlangsung dari 1 Juli 2016 sampai dengan 31 Desember 2016.

Cara mengikuti program BMD ini ada 2 cara lho Bunda dan Ayah, yaitu mendaftar secara online dan ofline.

Klik untuk Memperbesar

MEKANISME PENDAFTARAN ONLINE


1. Ayah atau Bunda perlu membeli Morinaga Chil*Go! minimal 6 botol di www.orami.com atau www.kalbestore.com dalam satu kali transaksi pembelian untuk mendapatkan kode unik. Kode unik akan dikirimkan melalui email selambat-lambatnya 2x24 jam setelah pembayaran diterima. Kode unik ini akan berlaku selama 30 hari hitungan kalender setelah dikirimkan. Artinya, pengiriman ide hanya akan diterima pada periode yang sama. 

2. Setelah mendapatkan kode unik tersebut, Ayah atau Bunda dapat melakukan registrasi melalui www.BekalMasaDepan.com. Ayah atau Bunda bisa memilih kecerdasan mana yang sesuai dengan kecerdasan majemuk pilihan Ayah atau Bunda tentang bagaimana cara Ayah atau Bunda mencerdaskan Si Kecil agar menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. 

3. Ayah atau Bunda dapat menambahkan foto atau video untuk mendukung ide yang dituliskan.

Atau bisa juga melakukan pendaftaran secara offline seperti yang saya lakukan sebagai berikut ini. 

MEKANISME PENDAFTARAN OFFLINE


1. Kita harus membeli morinaga Chil*Go! minimal 6 botol dalam 1 struk transaksi pembelian di toko-toko retail offline seperti  Alfamart, Indomart atau toko-toko yang terdaftar di dalam website www.BekalMasaDepan.com termasuk Hypermart, Supermarket, dan Minimarket berlaku kelipatan dimana pembelian dilakukan selama periode program. Saya sih kemarin habis mampir di Indomart. Perbotolnya Rp 5.000. Beda toko beda harga ya jangan lupa.

Silakan cek toko yang terdaftar berdasarkan kota tempat kita tinggal ya.


2. Ayah atau Bunda harus mengirimkan struk pembelian yang didapatkan di toko retail tersebut dan melengkapi formulir pendaftaran ke PT. Bounche Indonesia dengan alamat Thamrin City Office Park AA03-AA05, Jl. Boulevard Teluk Betung - Jakarta 10240. Bukti struk pembelian yang dianggap sah adalah struk pembelian yang diterbitkan oleh toko-toko retail yang tercantum di www.BekalMasaDepan.com. Struk yang berlaku adalah struk asli pembelian produk Morinaga Chil*Go! yang diterima oleh PT Bounche Indonesia selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender dari tanggal yang tercantum dalam struk. Sedangkan formulir pendaftaran dapat diunduh di www.BekalMasaDepan.com. Kita bisa memilih yang satu warna maupun yang full colour. 

Tentu saja saya memilih yang satu warna, karena printer saya bisanya cuma mencetak warna hitam.

3. Ayah atau Bunda wajib untuk menyimpan bukti pengiriman formulir pendaftaran juga struk tersebut. Pihak penyelenggara akan memberikan kode unik terhadap berkas yang diterima setelah melakukan verifikasi 5x24 jam. 

4. Kode unik akan dikirimkan melalui email dan SMS yang dapat berlaku selama 30 hari kalender setelah dikirimkan.  Artinya pengiriman ide hanya diterima oleh pihak penyeleggara pada periode yang sama.

5. Setelah mendapatkan kode unik tersebut, Ayah atau Bunda dapat melakukan registrasi melalui www.BekalMasaDepan.com. Ayah atau Bunda bisa memilih kecerdasan mana yang sesuai dengan kecerdasan majemuk pilihan Ayah atau Bunda tentang bagaimana cara Ayah atau Bunda mencerdaskan Si Kecil agar menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. 

6. Ayah atau Bunda dapat menambahkan foto atau video untuk mendukung ide yang dituliskan.

CARA REGISTRASI DI WEBSITE PROGRAM BMD


1. Silakan Ayah Bunda registrasi di www.BekalMasaDepan.com. Jika belum punya akun, silakan daftar menggunakan email atau registrasi menggunakan akun facebook. Saya menggunakan email biasa.



2. Kita akan diminta untuk melengkapi data email, data diri, juga data si Kecil.


3. Aktivasi akun yang kita buat melalui email yang telah didaftarkan tadi.

4. Buka email, dan aktifkan link yang diberikan pada email tersebut.

5. Login kembali dengan akun yang telah aktif.

6. Sekarang masukkan ide, klik “KIRIM IDE”



7. Kita akan diminta untuk memasukkan KODE UNIK.




Kode unik ini akan kita dapat memalui email dan sms setelah kita mengirim formulir pendaftaran atau setelah membeli produk Morinaga Chil*Go! secara online. Harap sabar ya Ayah Bunda karena proses verifikasi memakan waktu 5x24 jam.

Kode Unik yang didapat dari email

Kode unik yang didapat dari SMS

8. Sekarang tinggal menceritakan ide yang sudah kita dapat. Maksimal 2.000 kata saja ya Ayah Bunda.



9. Lengkapi juga dengan foto dan video ya, sebenarnya ini sih optional ya akan tetapi semoga menjadi nilai lebih untuk kita sendiri nantinya.

10. Ide kreatif kita akan dimoderasi terlebih dahulu (maksimal 2x24 jam), nantinya kita akan mendapatkan email notifikasi mengenai status ide kita.


11. Jangan lupa setelah selesai diverifikasi, share di social media Ayah Bunda juga ya :)

12. Semoga beruntung!

Bila ide kita menarik dan kreatif, kita bisa saja terpilih untuk mendapatkan salah satu hadiah sebagai berikut lho Bunda dan Ayah.

HADIAH UTAMA PROGRAM BMD MORINAGA CHIL*GO!


1. Hadiah utama Bekal Masa Depan Morinaga Chil*Go!

Dana Asuransi untuk Pendidikan total senilai 3 Milyar Rupiah dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :

  • Platinum : Asuransi Pendidikan senilaiRp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)*
  • Gold : Asuransi Pendidikan senilaiRp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)*
  • Silver : Asuransi Pendidikan senilaiRp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)*
* berdasarkan ilustrasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi

2. Hadiah utama merupakan Dana Asuransi yang sebelumnya telah disepakati antara pihak penyelenggara dengan perusahaan asuransi terpilih. Nilai dana asuransi pendidikan sebagaimana dimaksud dalam point 1 di atas adalah dana hasil pengembangan apabila diklaim saat usia anak berusia 18 tahun (artinya nilai dana dapat berbeda apabila diklaim sebelum anak berusia 18 tahun) dan merupakan ilustrasi yang sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kondisi investasi yang terjadi yang dilakukan oleh pihak agen asuransi dimana pemenang tidak dapat menuntut pihak penyelenggara, Agen Asuransi atau pihak lainnya yang terlibat dalam Program ini apabila nilai dana investasi tersebut tidak sesuai dengan ilustrasi yang ada. 

3. Pemenang hadiah utama berhak memilih untuk mendapatkan hadiah berupa Asuransi Pendidikan atau dana senilai uang yang disetorkan di awal untuk diinvestasikan ke dalam Dana Asuransi Pendidikan.

4. Pihak penyelenggara akan menghubungi langsung calon pemenang untuk melakukan verifikasi data calon pemenang berdasarkan KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, dan struk pembelian serta melakukan interview dengan Ayah atau Bunda (Kalbe Nutritionals berhak memodifikasi dan menggunakan hasil interview untuk segala kepentingan, termasuk untuk dipublikasikan tanpa kompensasi dalam bentuk apapun).

5. Pemenang wajib untuk mengikuti rangkaian acara pemberian hadiah dalam bentuk acara promosi termasuk press conference yang dilakukan oleh pihak penyelenggara.

HADIAH HIBURAN PROGRAM BMD MORINAGA CHIL*GO!


Hadiah hiburan BekalMasaDepan Morinaga Chil*Go! berupa:

  1. Total hadiah 1.000 voucher Bilna senilai Rp 200.000,- (khusus kategori mainan anak) untuk 1.000 orang pemenang yang akan dikirimkan melalui email.
  2. Total hadiah 1.000 botol Morinaga Chil*Go! untuk 35 orang pemenang (1 pemenang mendapatkan 36 botol Morinaga Chil*Go!).
  3. Total hadiah 1.000 tempat bekal makan exclusive dari Morinaga Chil*Go! untuk 1.000 orang pemenang.
  4. Total hadiah 1.000 E-voucher Jungleland untuk 1.000 orang pemenang yang akan dikirimkan melalui email.


Jadi sebelum mengirim pastikan datanya lengkap ya Ayah Bunda. Kapan lagi ada kesempatan untuk mengembangkan ide kreatif kita juga menyehatkan anak-anak kita dengan susu cair Morinaga Chil*Go!



Informasi selengkapnya mengenai prongam BMD Chil*Go! dapat di lihat pada:

Facebook: Morinaga Platinum
Twitter: @Morinagaid
Instagram: @MorinagaPlatinum

Sekarang saatnya mengisikan ide kreatif yang saya punya ke dalam microsite program BMD – Morinaga Chil*Go! Kapan lagi ada kesempatan ini, siapa tahu kita bisa mendapatkan tabungan pendidikan untuk anak-anak kita.

Semoga beruntung ya.

comments

15 komentar:

  1. Wiiih, si K udah bisa dideteksi belum ya jenis kecerdasannya. Btw, wis ngicip rasanya belom, Mbak? Enak? 😁
    si Han mirip mamanya ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa.. kan kelihatan seneng musik atau baca skripsi gitu. Walaupun nanti pasti akan berkembang lagi :)

      Hapus
  2. Wiiiih..aku mau ngajak Aga mainan ini juga ah.. Seru kayaknya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, ajak Kakak Amay juga ya

      Hapus
  3. Kreatif nih. Nanti setelah main Pantai ajak Salfa cari harta Karun ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Salfa kita cari harta karunnya sama-sama ya.. mulai dari pantai kita carinya..

      Hapus
  4. Idenya kreatif Mbak. Han pasti suka ya. Ayo, Han... hunting peniti yang banyak...

    Aku mau cari ide tuk Bekal masa depan Morinaga Chil-go! lagi ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak kita buat lagi.. seru ih ikutan program ini

      Hapus
  5. Pengen ikut berbagi ide tuk Bekal Masa Depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Com mas Indra.. buruan ikutan. Hanya tahun ini aja lho

      Hapus
  6. Kreatif permainan magnetnya :) si kecil beruntung sekali punya ibu yang pandai dan sangat peduli dengan masa depannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih Mbak Evylia

      Hapus
  7. Ide mainannya kreatif mbak mau tak coba bikin ah

    BalasHapus
  8. Baru tauuu ada jenis mainan ini, ponakan sama mba sukanya narik2in magnet di kulkas. Trus sama dia dijejerin berbaris hahaha dikata mo antriii kali yak.

    Btw sukses yaaa, semoga menjadi juara...aamiin ^^

    BalasHapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya