Senin, 29 Agustus 2016

Makna dan Manfaat BerQurban Idul Adha

Melakukan ibadah qurban sangatlah dianjurkan untuk setiap ummat Islam yang sudah mampu dalam kondisi ekonomi. Menengok sejarahnya, ibadah qurban berawal dari perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS melalui mimpinya untuk menyembelih anak tersayangnya, Ismail. Hal ini juga terdapat dalam Al Quran yang menyebutkan bahwa Nabi Ibrahim AS pun melaksanakan seruan tersebut sebagai bentuk ketaqwaannya kepada Tuhan. Begitu pula anaknya, Ismail yang tak takut disembelih oleh ayahnya sendiri karena yakin bahwa seruan Tuhan haruslah dipatuhi dan merupakan tindakan yang benar. 

http://www.ranirtyas.com/2016/08/makna-dan-manfaat-berqurban-idul-adha.html

Dengan kisah Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS tersebut, dapat diketahui bahwa makna berqurban adalah bentuk pendekatan diri kepada Sang Pencipta. Berqurban itu sendiri berartikan sebuah kesungguhan seorang hamba dalam berserah diri kepada Allah SWT. Sama seperti kisah Nabi Ibrahim AS yang rela menyembelih anaknya sendiri seperti yang diserukan oleh Tuhan melalui mimpinya. Dengan kuatnya rasa yakin dan takwa kepada Allah SWT, dengan kuasaTuhan pun Ismail diubah menjadi seekor hewan yang disembelih dan Ismail tetap selamat atas izin Allah. Selain itu, berqurban memberikan makna yang sangat penting terhadap jalinan persaudaran dan saling tolong menolong antar sesama. Orang-orang yang kurang mampu secara ekonomi, bisa mendapatkan daging hasil qurban secara cuma-cuma sebagai bentuk rasa peduli dan saling tolong menolong.

Manfaat dan Hikmah Berqurban Pada Diri Sendiri


Berqurban pada dasarnya mengajarkan banyak hal kepada setiap orang. Bagi para pengqurban terutama, terdapat berbagai manfaat yang didapat untuk dirinya. Selain sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, berqurban dapat melatih diri untuk menjadi orang yang dermawan dan mau berbagi. Membeli hewan qurban murah (post sponsored, baca: diclosure) tentunya berarti menyisakan beberapa dari harta kita untuk memberikannya kepada orang lain yang kurang beruntung secara ekonomis dan finansial sehingga perlu dibantu, salah satunya dengan membagikan daging hasil qurban. Dengan jalan ini, para pengqurban akan semakin terlatih untuk percaya bahwa harta tida kakan habis apabila digunakan untuk kebaikan di jalanAllah.

Manfaat dari berkurban pada saat Idul Adha lainnya adalah dapat mencukupi gizi bagi kaum kecil. Seperti yang kita ketahui, daging sangatlah penting untuk kebutuhan makanan manusia sehari-hari karena terdapat berbagai gizi dan tenaga yang dibutuhkan oleh tubuhkita. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat menikmati manfaat daging karena tidak mampu membelinya, bahkan kalangan ke bawah sangatlah jarang menyantap daging segar sehari-hari. Oleh karena itu, dengan berkurban, kita juga berkesempatan untuk memenuhi gizi mereka yang membutuhkan serta membuatnya senang bisa merasakan daging segar yang tidak biasa disantap setiap harinya. Selain itu, pengkurban juga dapat menjadi lebih bersyukur akan nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Tuhan kepadanya. 

Kegiatan berkurban pada umumnya banyak dilakukan di halaman depan masjid setelah melaksanakan sholat di dalam. Penyembelihan hewan kurban pun dapat dikatakan sebagai kegiatan yang memakmurkan masjid karena tentunya masjid akan semakin ramai dengan orang-orang yang sedang melakukan amalan kurban. Bagi ummat Islam, memakmurkan masjid merupakan salah satu perintah Allah SWT. Dengan berkurban, kamu pun sudah termasuk melakukan perintah tersebut karena membuat masjid ramai dan makmur. 


Berkurban Bersama Bukalapak


Ibadah berkurban kini dapat menjadi lebih mudah dengan membeli hewan kurban di Bukalapak melalui penyalur jasa kurban Global Qurban yang bekerjasama dengan ACT atau Aksi Cepat Tanggap. Kamu hanya tinggal membayarkan harga hewan kurban yang ditawarkan, kemudian hewan kurban kamu akan disembelih dan segera didistribusikan kepada pihak-pihak yang layak menerima daging kurban. Keterangan mengenai detail informasi tentang laporan penyembelihan, pendistribusian, hingga foto-foto hewan yang sudah kamu beli tentunya akan dikirimkan ke kamu sebagai bukti bahwakamu telah berkurban dan tidak terjadi penyalahgunaan. Mari tingkatkan ketaqwaan kepada Tuhan dan saling berbagi dengan berkurban melalui Bukalapak.com.

comments

4 komentar:

  1. Whaaa qurban sekarang makin mudah ya mba caranya

    BalasHapus
  2. sekarang ini berqurban pun bisa via online yah Mba Rani :)

    BalasHapus
  3. banyak fasilitas kemudahan untuk melakukan kurban ya mb

    BalasHapus
  4. jika anda membutuhkan hewan qurban atau aqiqah bisa kunjungi website kami di www.aqiqahberkah.com / www.qurban-aqiqah.com

    BalasHapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya