Senin, 19 September 2016

7 Sinetron Terbaik Sepanjang Masa (Catatan Sampai Tahun 2016)

Halo Sahabat Ran, jika biasanya kamu menemukan tulisan di blog ini yang kebanyakan membahas drama Korea bukan berarti aku nggak demen sama sinetron ya. Hanya saja sedikit malas nonton jika ceritanya mulai lebay dan berkepanjangan sampai lebih dari 50 episode. Oh please, drama Korea yang 20 episode aja mulai malas nonton, ini malah sampai 200 episode lebih.

But...

Bukan berarti aku anti sinetron ya, karena dulu-dulu sebelum diserang negara api kedatangan drama Korea yang mana suguhannya cuma sinetron ya kami nonton sinetron, tapi nggak semua sih. Kalau sudah mulai ruwet dan nggak jelas arahnya, biasanya kami skip buat belajar. Hah? Jadi nonton TV lebih penting daripada belajar? Hahahah... Ya begitulah!

Jadi kali ini bloggerKAH akan membahas tentang sinetron menurut versinya masing-masing. Istimewanya kali ini blogger BeYOUtiful juga ikutan gabung lho. Dadha-dadha sama Mbak Nining a.ka Mbak Dwi Sari, baca tulisannya sinetron favorit era 90an dan 2000an ya.

baca juga punya 
dan 

Selama menonton sinetron,  inilah sinetron terbaik sampai tahun 2016 ini versi ranirtyas.com. 

1. Si Doel Anak Sekolahan


Ditayangkan pertama kali tahun 1994 yang sebelumnya sinetron ini mengadaptasi cerita si Doel Anak Jakarta. Tetapi Rano Karno mengangkat kembali dalam balutan yang lebih modern kala itu. Disutradarai dan dibintangi oleh Rano Karno sendiri, sinetron yang satu ini telah mendapat tempat di hati para pemirsanya.

http://www.ranirtyas.com/2016/09/sinetron-terbaik-sepanjang-masa.html
source : Kapan Lagi


Sinetron ini berhasil memperpanjang episodenya mencapai 162 episode dan 7 musim.

Ceritanya pun tak jauh dari kehidupan masyarakat Betawi di mana Kasdullah atau Doel yang berusaha meraih cita-cita sebagai seorang insinyur di mana kesehariannya dia membantu usaha Babenya (alm Benjamin) menjadi sopir oplet. Percintaaan juga tidak lepas dari perhatian sang sutradara di mana Si Doel akhirnya jatuh hati oleh Sarah (Cornelia Agatha) juga merebut perhatian Zaenab (Maudy Koenaidy).

Si Doel Anak Sekolahan layak mendapat tempat di hati karena ceritanya ringan tetapi beberapa kali mengangkat komedi di mana menampilkan Mandra juga alm Basuki yang memerankan sebagai Karyo.

Seandainya sinetron ini diadaptasi ulang, apakah bisa mengalami masa keemasan seperti pendahulunya. Entahlah, siapa yang tahu.

2. Keluarga Cemara


Tidak jauh dari Si Doel Anak Sekolahan yang menceritakan tentang keluarga. Sinetron yang satu ini lebih menyayat hati dan berhasil mengangkat nama Novia Kolopaking di dunia persinetronan sebelum akhirnya dia mundur dan menikah dengan Cak Nun serta memilih menjadi penyanyi Kiai Kanjeng saat ini.

Sinetron yang satu ini juga tayang di RCTI, tayang mulai 6 Oktober 1996 sampai 28 Februari 2005. Tentu saja beberapa peran mengalami perubahan seperti peran Emak yang tidak lagi dimainkan oleh Novia Kolopaking tetapi Abah, Euis, Agil dan Ara masih tetap dimainkan oleh Adi Kurdi, Ceria HD, Lia Waroka.

http://www.ranirtyas.com/2016/09/sinetron-terbaik-sepanjang-masa.html

Abah yang sehari-hari bekerja sebagai tukang becak serta emak yang berjualan opak dibantu anak-anaknya membuat kita mengerti bahwa hidup adalah perjuangan dan keikhlasan. Selain itu banyak nilai-nilai kehidupan yang diajarkan oleh keluarga Cemara kepada kita semua.

Bahkan lirik lagunya pun masih terngiang sampai sekarang

Selamat pagi Emak, selamat pagi Abah. Harta yang paling indah adalah keluarga, istana paling indah adalah keluarga, puisi yang paling bermakna adalah keluarga, mutiara tiada tara adalah keluarga.

3. Saras 008


Saras 008 tayang dari tahun 1998 - 2000 dengan pemeran utamanya Cindy Dewiana pemegang sabuk merah karate. Paling terkenang dari sinetron ini karena Saras 008 melawan Mr Black dan Bull, di mana karena ada sinetron Saras 008 ada teman kami yang dibully dengan sebutan Mr Black. Bukan karena dia yang berkulit eksotis melainkan karena sikap arogannya yang menyerupai Mr Black.

Selama bertarung melawan Mr Black, Saras 008 dibantu oleh Milkyman yang mengajarkan anak-anak agar mau meminum susu agar kuat seperti dia. Mungkin bagi anak-anak seusia di bawah 7 tahun masih bisa ya dipengaruhi seperti ini. Sinetron juga harus membawa dampak positif bagi penontonnya. 

Untuk ukuran sinetron tahun 2000an, Saras 008 termasuk lumayan ngehits. Nyatanya sinetron ini mampu bertahan selama 4 tahun.

4. Lupus Millenia


Ihik.. Diangkat dari sinetron lawas, film juga novel karya Hilman. Lupus tetap berada di hati para penggemarnya. Buktinya Lupus Millenia juga menduduki tempat di hati para remaja yang sedang masa puber kala itu, termasuk saya.

Lupus Millenia tayang di Indosiar tahun 1999. Tahun segitu, sepertinya aku masih SMP. Mulai puber dan kenal sama monyet, eh cinta monyet. Bukan Lupus yang menarik hati aku sih waktu itu, tetapi Lulu yang diperankan oleh Agnes Monica kan seumuran sama aku kan. Hahaha maksa banget deh aku.

http://www.ranirtyas.com/2016/09/sinetron-terbaik-sepanjang-masa.html

Meskipun pada akhirnya aku juga jatuh cinta pada tokoh fiksi Lupus, Poppy, juga Happy. Peran Lupus yang diperankan oleh Irgi Ahmad Fahrezi yang selalu sumeh (mudah tersenyum-red) bisa membuat leleh semua cewek yang lewat, dan dia juga mempunyai teman akrab Boim dan Gusur. Begitu juga dengan Poppy yang diperankan oleh Mona Ratuliu yang sudah cantik dari sananya. Kabar mengejutkan saat bermain Lupus Millenia ini, Mona Ratuliu masih mengenakan seragam SMA dan setiap syuting dia diantarkan oleh Indra Brasco yang kini menjadi suaminya. Jadi mereka pacaran itu memang sudah lama hingga akhirnya menikah di tahun 2002. Wah so sweat banget ya, pacaran dalam artian positif karena mendukung passion kita.

5. Preman Pensiun


Karya terakhir dari alm Didi Petet adalah Preman Pensiun yang perdana tayang di RCTI tanggal 12 Januari 2015. Diproduksi oleh MNC Pictures, kini Preman Pensiun siap mengeluarkan session ke-4 nya.

Anehnya, satu session sengaja dibuat pendek tidak seperti sinetron Indonesia kebanyakan dan ditayangkan juga berulang-ulang tetapi keluarga kami terkadang masih menonton juga meskipun itu tayangan ulangan.

http://www.ranirtyas.com/2016/09/sinetron-terbaik-sepanjang-masa.html

Peran Epy Kusnandar yang pernah didiagnosa berumur pendek oleh dokter itu berperan apik sebagai kaki tangan dari Kang Bahar (alm Didi Petet) dimana akhirnya dialah yang memegang seluruh kendali preman di wilayah Bandung (dalam cerita itu).

Sinetron ini diproduksi sekaligus untuk mempromosikan Bandung sebagai tempat wisata. Tidak jarang beberapa nama makanan yang mana kita tahu entah iklan atau ajang promosi wisata sering disebutkan dalam Preman Pensiun session 1. Bahkan Walikota Bandung, Kang Emil juga sempat berperan dalam sinetron ini sebagai walikota tentunya.

http://www.ranirtyas.com/2016/09/sinetron-terbaik-sepanjang-masa.html


6. Tukang Ojek Pengkolan (TOP)


Sepertinya tukang ojek pengkolan ini bersaing dengan OK JEK kepunyaan NET TV tetapi TOP ini berhasil mencuri para pemirsa karena jam tayangnya lebih awal yaitu pukul 17.00 di RCTI dimana jam segitu adalah waktu berkumpulnya keluarga di rumah.

Berbeda dengan OK Jek yang mengambil pemain yang cantik dan juga sudah terkenal, TOP malah mengambil peran orang biasa seperti masyarakat pada umumnya, layaknya tukang ojek pangkalan sesungguhnya. Jadi masyarakat terbiasa dengan wajah Bang Ojak (Eza Yayang), Purnomo (Furry Setya), Tisna (Andri Sulistiandri) juga Mimin (ojek perempuan).

http://www.ranirtyas.com/2016/09/sinetron-terbaik-sepanjang-masa.html


Tayang perdana tanggal 12 April 2015, kini TOP sudah memasuki session 2 dimana muncul wajah-wajah baru dalam sinetron tersebut dan beberapa wajah menghilang dari TOP seperti istri Bang Ojak. Tujuannya untuk merefresh sinetron ini dan saya lebih menyukai yang terbaru ini daripada yang lama. Selamat deh buat Tukang Ojek Pengkolan (TOP).

7. Kesempurnaan Cinta session 1


Selama Ramadhan kemarin, awal tayang Kesempurnaan Cinta 16 Juni 2016 saya tidak sabar menanti sinetron terbaru dari Ririn Dwi Ariyanti yang lagunya sudah ngehits duluan, Kesempurnaan Cinta by Rizki.

Ririn dengan anggun memerankan peran Renata dalam sinetron tersebut.

http://www.ranirtyas.com/2016/09/sinetron-terbaik-sepanjang-masa.html


Bercerita tentang Satria, seorang duda beranak 2 yang berada dalam cinta segitiga antara Hana dan Renata. Meskipun akhir dari sinetron ini (episode ke-33) dikatakan dengan epik endingnya di mana adanya tatapan mata antara Satria dan Renata yang menunjukkan ada benih-benih cinta di antara mereka. Sayangnya dari ending yang epik itu, dimunculkan sekuelnya Kesempurnaan Cinta session 2 yang masih kejar tayang sampai sekarang, menjadikan aku malas menonton sinetron ini. Ya bukan apa-apa sih, tapi mau dibawa kemana hubungan kita, lalu mulai nyanyi. Okeh. Lupakan!

http://www.ranirtyas.com/2016/09/sinetron-terbaik-sepanjang-masa.html


Begitu kira-kira 7 sinetron terbaik sepanjang masa menurut catatan ranirtyas.com. Bagaimana dengan pendapatmu? Sinetron apa yang terbaik menurut versi kamu? Boleh lho berbagi lewat komentar atau mau membuat postingan serupa. Sah-sah saja kok.

Sampai jumpa bulan depan tanggal 19 ya.

Salam.
comments

24 komentar:

  1. Waduh 3 dari 7 sinetron terbaik di atas adalagh favorite saya apalagi Tukang Ojek Pengkolan sama Preman Pensiun :D ada nuansa-nuansa daerah-daerah tersebut dan yang paling kental adalah preman pensiun dengan logat sunda nya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya mereka memang sekalian promosi wisata juga :D

      Hapus
  2. Si Doel dan keluarga cemara yang paling membekas dalam memory mba ^^ masih inget zaman-zaman kecil dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya sinetron paling edukatif ya

      Hapus
  3. Hoooo, jadi dulu Mona Ratuliu pas syutung dianterin mantan pacar toh. Romantis kaliiii ya.

    Trims yaaa uda bs berbagi di blogpost tamu episode kali ini hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mereka langgeng terus happily ever after ya mbak

      Hapus
  4. Keluarga cemara, padahal bagus ya kalau ditayangin lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kualitas videonya belum HD Teh Tian, mungkin itu jadi pertimbangan mereka buat mere-run :D

      Hapus
  5. Aku sejak SMP jarang nonton tv, sinetron 2000an di atas belum pernah nonton. wakakakak.
    Yutub ada nggak? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dong.. di youtube adanya Tetangga Masa Gitu sama Kelas Internasional

      Hapus
  6. jaman-jaman kelas 3 smp sampe kelas 2 sma saya juga suka nonton sinetron loh Mba Rani, tapi sejak kuliah memang udah malas sih, lebih suka nonton drama korea, apalagi setiap sore selalu ada kan di indosiar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss lah mbak, ada bagusnya kan ya drama korea ini... Bukan berarti kita tidak mencintai kebudayaan dalam negeri ya. Etapi emang sinetron termasuk budaya? Nggak kan? hahahha

      Hapus
  7. aku ngikutin semua sinteronnya ituu XD
    beruntunglah aku lahir di era 90an hihi

    paling suka sih keluarga cemara :D

    BalasHapus
  8. Aku suka si doel, keluarga cemara sama preman pensium session 1 yang ada alm didi petetnya

    BalasHapus
  9. Preman pensiun sama TOP nonton bareng anak-anak. Cocok untuk segala usia.

    BalasHapus
  10. betewe itu Lia Waroka bukan yang jadi Agil kan? wkwkwkwkw...

    BalasHapus
  11. itu tuh mba yg bidadari pemerannya lala (marshanda, kalo gak salah). sama doo be doo yg main anak kecil, lucu anettt hihi

    BalasHapus
  12. Paling suka SDAS mbak...lucu.Padahal dulu seingatku tayang mlm..tapi ttp aja ngikutin. Sama sinetron2 romantis desi-paramitha rusadhi-onky alexander gitu...

    BalasHapus
  13. kalau saya tetap suka si dul anak betawi, menceritakan soal kehidupan soalnya...

    BalasHapus
  14. Kalau yg kekinian...aku preman pensiun

    BalasHapus
  15. Yang saya suka adalah sinetron si doel mbak dan kalau sinetron yang jaman sekarang mah preman pensiun, tapi memang sinetron gak ada habisnya yah setiap tahun selalu ada saja sinetron yang selalu digemari hati para penonton setia di indonesia.

    BalasHapus
  16. Cuma nonton di doel doang saya, jarang nonton tipi malah sekarang :p

    BalasHapus
  17. Aku cuma nonton sampai habis sinetron (miniseri) Dunia Tanpa Koma, sekitar 10 tahun lalu. Yang main Dian Sastro, Fauzi Baadila, Tora Sudiro, dkk. Tayang jam 10-an malam kalo nggak salah. Dan teteeep kutunggu. Kalo Preman Pensiun cuma sesekali nonton. Biasanya malah lebih rame ngomentarin lokasinya (karena aku juga tinggal di Bandung).

    BalasHapus
  18. saya smpet nonton 4 dari 7 list sinetron di atas, tapi yang paling berkesan tetep keluarga cemara :)

    BalasHapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya