Sabtu, 23 Januari 2016

BITINGAN, Permainan Masa Kecil Menantang Adrenalin

BITINGAN, Permainan Kecil Menantang Adrenalin. Bitingan ya BUKAN betengan (benteng). Adalah sebuah permainan kecil yang bisa dimainkan secara berkelompok maupun sendiri. Biasanya dimainkan dari 3 – 4 orang anak. Bercerita sedikit boleh?

bitingan
Bitingan

Dahulu saya mengenal bitingan ini sejak pindah sekolah dan rumah ke Kudus. Di Bandung belum ada permainan seperti ini kayaknya. Beruntung saya mengalami masa kecil di dua dunia jadi tahu sedikit-sedikit permainan dari masing-masing daerah. Beda daerah, beda cerita.

Alat yang diperlukan tentu saja biting (lidi) sejumlah 10 atau bahkan lebih. Berukuran panjang 10 cm atau sepanjang jari telunjuk tangan gadis SD kelas 4. Intinya baik jumlah maupun ukuran dibuat bebas. Semua dibuat hampir sama panjang agar adil katanya. Jangan lupa siapkan juga meja yang lebar atau lantai juga boleh.

Semua berkumpul dan mulai hompimpa untuk menentukan urutan.

Saya mendapatkan kesempatan pertama. Yes senang rasanya kalau mendapat kesempatan pertama kali.  Biting yang sudah dikumpulkan sejumlah 20 tadi dijadikan satu dan dipegang lalu diletakkan di atas ibu jari kita lalu dilepaskan dan biarkan menyebar ke mana-mana. Semakin tersebar semakin bagus.

Tentu saja beberapa lidi akan saling tumpang tindih. Di situlah keahlian kita teruji. Lidi yang tersebar di luar area biting yang saling bertumpuk kita ambil satu persatu. Jangan sampai ada lidi lain yang bergerak ya. Di situ kunci utamanya. Mengambil lidi-lidi tanpa menggerakkan lidi yang lain.

Dari lidi yang independen tadi, kita gunakan untuk mendorong, mengangkat maupun mengungkit lidi yang lain.

Berikut saya bagikan tips dan triknya ya. Barangkali mau ada yang mengulangi masa-masa ini. Hihihi. Biasanya dari lidi yang bertumpukkan ada beberapa lidi di bawah yang sebetulnya bisa kita dorong tanpa menggerakkan lidi di atasnya. Tahan napas karena kalau kita bernapas saat mendorongnya bisa-bisa malah nafas kita yang menggerakkan lidi yang lain. Hahaha.

Untuk lidi yang saling tumpang tindih kalau saya lebih utamakan ambil yang paling atas ataupun yang ujungnya paling tipis. Karena kalau dia lapisannya tebal salah-salah bisa menimpuk lidi yang di bawah. Apalagi kalau kita mengambil secara lambat. Terkadang ada beberapa kesempatan, saya ambil lidi yang paling atas dengan mengungkitnya secara cepat. Jadi kalau teman-teman saya tidak jeli gesekan sedikit akan terminimalisir oleh mereka. Ah selamet.. Selamet..

Seringkali juga kami mendapatkan lidi yang berada di atas tumpukan tapi dia berada di tengah-tengah seperti jungkat-jungkit yang berada di sekolah TK. Nah khusus yang ini, perlu kita lihat dia lebih berat di mana. Keseimbangannya berat mana. Ambil yang posisinya sekiranya paling ringan. Coba saja kalau ambil lidi yang berat, langsung THE END.

Sungguh bitingan ini sangat nge-hits kala itu. Macam permainan menjinakkan bom yang sewaktu-waktu bisa meledak. Meski begitu jangan sampai tanganmu berkeringat ya, karena takutnya nanti keringatmu malah yang menggerakkan lidi yang lain, LOL.

Permainan diakhiri jika ada salah satu lidi yang bergerak, dari lidi yang sudah didapatkan dihitung jumlahnya untuk dijumlahkan di akhir permainan untuk menentukan pemenang.


Permainan ini selain mengajarkan ilmu matematika, ilmu fisikanya juga dapat. Karena kita menghitung gaya keseimbangan antara beban di A dan beban di B. Selain itu juga melatih kemampuan mata kita. Salah-salah kalau kita tidak melihat pergerakan lidi-lidi tersebut kita tidak akan kebagian jatah main. Jadi lama deh mainnya keburu bel masuk berbunyi.

Ada satu orang teman yang kala itu sangat ditakuti pemain-pemain yang lain. Namanya Aminah. Bukannya apa-apa sih tapi kemampuan matannya itu lho yang WOW. Bahkan lidi bergerak di bawah timbunan lidi yang lain saja dia bisa lihat. Makanya serem kalau mainnya sama dia tapi jika tak ada dia tak seru.

Baiklah segitu dulu ya, cerita serumu apa? Let me know ya.


comments

10 komentar:

  1. saya sempet lupa akan permainan ini. saya pernah main ini tapi seringnya kalah hehehe... butuh konsentrasi tinggi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan kejelian mata.. kalau gak jeli nanti kita gak kebagian jatah main hahaha

      Hapus
  2. baru tahu nih mbak ada permainan kayak gini ...keren ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya deg-degannya itu lho yg bikin seru soalnya konsentrasi penuh sama biting yg di tangan hihi

      Hapus
  3. Sepertinya pernah tau mainan ini dulu, tapi saya jarang memainkan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya susah-susah gampang jg sih ya

      Hapus
  4. agak lupa dengan permainan ini, pernah kayanya waktu SD main lidi seperti ini. Terima kasih ya sudah berpartisipasi

    BalasHapus
  5. Aku dulu suka cemberut di pojokan kalau pada main bitingan. Soalnya aku penginnya lari2 petak umpet wkwkwkkk

    BalasHapus
  6. Aku gak betah main ini.. gemes... gregetaaaann.. dan suka dimarahin mama karena sapu lidinya makin lama makin kendor diambilin mulu hahahaha xD

    BalasHapus
  7. aku baru tau ada permainan kayak gini hehehe. jadi pingin nyobain

    BalasHapus

Komentarnya sementara dimoderasi ya 😁 dan jangan tinggalkan link hidup. Nanti BW baliknya lewat profil teman-teman. Terima kasih untuk tidak menggunakan "ANONIM".

Recommendations by Engageya